Devotion 777 : FIRMAN TUHAN YANG MENGUBAHKAN

Devotion 777 - Dr. Heintje Kobstan
FIRMAN TUHAN YANG MENGUBAHKAN
Bacaan: Nehemia 9

Ezra bukan hanya sekedar membaca Taurat Musa dihadapan jemaah tetapi ia juga mengajarkan bagian-bagian kitab itu dengan diberi keterangan-keterangan agar supaya mereka semua dapat mengerti. Ketika mereka mengerti dan memahami apa yang ditulis dalam Taurat itu, maka hati mereka tersentuh dan menangis. Tetapi Ezra berkata, "Hari ini adalah kudus bagi TUHAN Allahmu. Jangan kamu berdukacita dan menangis!" Maka Ezra menyuruh mereka bersukacita dan makan sedap-sedapan dan minum minuman yang manis serta berbagi dengan mereka yang tidak menyediakan apa-apa. Lalu kemudian setelah mendengarkan firma Tuhan tentang Pondok Daun, maka merekapun merayakan hari raya Pondok Daun tersebut.

Pada hari ke-24 pada bulan itu, mereka berkumpul dan berpuasa serta mengenakan kain kabung. Seluruh keturunan orang Israel murni memisahkan diri dari orang asing. Sementara mereka berdiri, dibacakanlah kitab Taurat TUHAN itu selama seperempat hari dan seperempat hari sesudahnya mereka mengucapkan pengakuan dosa dan sujud menyembah Allah. Mereka memisahkan diri dari orang asing dan merendahkan diri dengan memakai kain kabung dan dengan tanah dikepala. Merupakan suatu tanda ketidaklayakan mereka dihadapan Allah. Mereka sungguh mempunyai kesukaan akan firman Tuhan bahkan tahan berdiri sekitar 3 jam hanya untuk mendengarkan pembacaan kitab Taurat TUHAN. Taurat TUHAN mengubah hati mereka yang keras menjadi lembut sehingga terjadi pertobatan. Ketika pengakuan dosa dan pengakuan akan kedaulatan TUHAN dinyatakan maka para pemimpin membuat piagam perjanjian yang mengikat mereka dengan Tuhan. Firman TUHAN mengubah hati satu bangsa yang kembali dari pembuangan. Kerinduan dan kehausan akan firman TUHAN akan mengubah suatu kehidupan, suatu keluarga, suatu komunitas bahkan suatu bangsa.

Firman TUHAN berkuasa untuk mengubah setiap kehidupan yang membuka dirinya dan menyambut firman TUHAN itu dalam hatinya.

#passionateheintje.blogspot.com
Nehemia 9:3 "Sementara mereka berdiri di tempat, dibacakanlah bagian-bagian dari pada kitab Taurat TUHAN, Allah mereka, selama seperempat hari, sedang seperempat hari lagi mereka mengucapkan pengakuan dan sujud menyembah kepada TUHAN, Allah mereka."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT