Devotion 771 : DIGERAKKAN OLEH VISI DARI TUHAN

Devotion 771 - Dr. Heintje Kobstan
DIGERAKKAN OLEH VISI DARI TUHAN
Bacaan: Nehemia 3

Tuhan menyatakan rencanaNya kepada Nehemia untuk membangun kembali tembok Yerusalem yang telah roboh. Hal ini merupakan visi Tuhan yang menjadi beban bagi Nehemia untuk mewujudkannya. Nehemia kemudian berdoa meminta kemurahan Tuhan agar visi itu bisa tergenapi. Tuhan menuntun Nehemia sehingga ketika ia melayani raja, raja tergerak untuk menolong Nehemia. Akhirnya Nehemia atas kehendak raja, kembali ke Yerusalem. Ketika Nehemia membagikan visi yang diberikan Tuhan untuk membangun kembali tembok Yerusalem yang roboh maka disambut dengan antusias oleh orang-orang Israel yang diam disana.

Pada saat mereka mulai membangun maka terlihat jelas berbagai macam profesi, para pemuka, tokoh agama, bahkan rakyat ikut serta dalam pembangunan itu. Nehemia membagi mereka dalam kelompok-kelompok kerja sesuai keberadaan mereka. Pembangunan tembok itu dilakukan serentak dan masing-masing kelompok bertanggung jawab untuk menyelesaikan bagiannya dengan baik. Pembangunan itu dimulai dari pintu gerbang Domba (sudut timur laut), pintu gerbang Ikan (sudut utara), pintu gerbang Lama (sudut barat laut), pintu gerbang Lembah (sudut barat daya), pintu gerbang Sampah (sudut selatan), pintu gerbang Mata Air (sudut tenggara; dekat kolam Siloam), pintu gerbang Air (sudut timur, dekat Ofel), pintu gerbang Kuda (sudut timur dekat Bait Suci). Nehemia menggerakkan orang Israel dengan visi yang dari Tuhan dan mereka mengerjakan pembangunan itu dengan sukacita, sukarela dan penuh semangat. Jika visi Tuhan dibagikan dengan ketulusan hati maka Tuhan akan menggerakan orang-orang untuk ikut mendukung visi itu. Nehemia tahu bahwa untuk membangun tembok itu ia tidak bisa sendiri tetapi memerlukan tim kerja dengan visi yang sama. Setiap visi dari Tuhan terlebih dahulu harus didoakan dan meminta tuntunan Tuhan agar supaya Ia membuka jalan untuk membagikan visi itu sehingga terjadi pergerakan sampai visi itu tercapai.

Visi dari Tuhan yang dibagikan dengan ketulusan dapat menggerakan umat Tuhan dari berbagai latar belakang untuk dapat bekerja bersama mewujudkan visi itu.

#passionateheintje.blogspot.com
Nehemia 3:2 "Berdekatan dengan mereka orang-orang Yerikho membangun, dan berdekatan dengan orang-orang itu Zakur bin Imri."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT