Devotion 765 : PELAYAN & FIRMAN TUHAN

Devotion 765 - Dr. Heintje Kobstan
PELAYAN & FIRMAN TUHAN
Bacaan: Ezra 7

Ada selang waktu sekitar 58 - 60 tahun antara pasal 6 dan pasal 7 dalam kitab ini. Dalam selang waktu itu, beberapa kejadian terjadi di Babilonia yang juga tercatat dalam kitab Ester. Dan kejadian-kejadian itu mungkin yang membuat hati raja Arthasasta menjadi lunak dan mengirimkan Ezra beserta rombongan dan memenuhi kebutuhan mereka baik selama diperjalanan maupun selama di Yerusalem dan juga kebutuhan ibadah di bait suci. Bahkan raja juga memerintahkan kepada semua bendahara di seberang sungai Efrat untuk menolong Ezra dalam kebutuhan-kebutuhannya.

Ezra bin Seraya bin Azarya bin Hilkia.....bin Harun, jika ditilik dari nama-nama yang melekat padanya maka ia sebenarnya adalah keturunan dari imam besar Harun. Tetapi pada waktu di Babilonia, ia tidak mendapat kesempatan untuk menjadi imam. Namun hal itu tidak membuat dia kecewa, justru dia mempelajari kitab dan menjadi ahli kitab. Ezra tidak menjadi ahli kitab karena posisinya sebagai imam tetapi walaupun di Babel ia tidak menjadi imam tetapi ia mengisi hari-harinya untuk belajar ketetapan Tuhan. Sehingga ketika kesempatan untuk kembali ke Yerusalem dan menjadi imam disana terbuka maka ia sudah siap. Dan raja Arthasasta tidak mungkin memilih orang yang tidak tepat, ia tahu siapa Ezra dan menyuruhnya untuk kembali demi mempersembahkan korban kepada TUHAN Allah Israel agar raja dan keluarganya terpelihara. Ezra kembali untuk mengajarkan kebenaran-kebenaran firman Tuhan kepada orang Israel yang sedang menuju kepada pemulihan akibat pembuangan. Seringkali kita mempersiapkan diri ketika ada jadwal pelayanan, tetapi Ezra mempersiapkan dirinya walau dia tidak menjadi imam di Babelonia. Mari kita mempersiapkan diri dengan tekun sehingga menjadi ahli dalam setiap bidang pelayanan kita walaupun tidak ada jadwal pelayanan. Disamping itu juga kita harus memperlengkapi kehidupan kita dengan belajar kebenaran firman Tuhan, ini adalah sumber kekuatan yang penting dalam pelayanan kita. Jika Anda seorang pemusik, penyanyi, bahkan pengkhotbah sekalipun tetapi tidak mempelajari dan menghidupi firman Tuhan maka Anda tidak akan pernah bisa melayani dan menyembah TUHAN yang benar dengan benar!

Melayani TUHAN tetapi tidak bersekutu dengan Firman TUHAN maka kita tidak akan pernah bisa melayani dan menyembah TUHAN yang benar dengan benar.

#passionateheintje.blogspot.com
Ezra 7:11 "Inilah salinan surat, yang diberikan raja Artahsasta kepada Ezra, imam dan ahli kitab itu, yang ahli dalam perkataan segala perintah dan ketetapan TUHAN bagi orang Israel:"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT