Devotion 764 : PEMBELA UMATNYA

Devotion 764 - Dr. Heintje Kobstan
PEMBELA UMATNYA
Bacaan: Ezra 6

Ketika orang Israel pasca pembuangan mulai membangun kembali bait suci dan tembok maka datanglah hambatan dari pemerintah setempat. Mereka datang menghalang-halangi dan menakut-nakuti para pemimpin dan rakyat supaya berhenti untuk membangun. Mereka juga bahkan menyogok para pembesar mulai dari zaman pemerintahan Koresh sampai Darius agar menghalangi pembangunan itu. Bahkan mereka menyurati Darius untuk menjelekkan dan menuduh mereka yang membangun telah melakukan tindakan yang bertentangan dengan pemerintahan sehingga Darius diminta untuk menyelidiki akan hal ini.

Surat yang dibuat oleh Tatnai, pejabat Persia tersebut mempunyai maksud agar supaya raja Darius sebagai penguasa baru mengeluarkan keputusan untuk menghentikan pembangunan itu. Ketika Darius memerintahkan penyelidikan akan kasus ini, maka ditemukan keputusan Koresh tentang pemulangan orang Israel dari Babel dan pembangunan bait suci di Ahmeta (Ekbatana), yaitu ibukota kerajaan media kuno yang merupakan tempat perpustakaan yang menyimpan arsip-arsip negara. Walau kompleksnya kerajaan Persia serta kekacauan yang muncul akibat pergantian kekuasaan dari keturunan Koresy kepada keturunan Darius pada tahun 521 sM membantu menjelaskan mengapa beberapa keputusan terdahulu sudah dilupakan. Tetapi administrasi kerajaan Persia patut dihargai karena tetap menyimpan catatan-catatan resmi mereka di dalam pengarsipan yang teliti yang berpusat di Babel dan menjangkau jaringan perpustakaan sampai di Ahmeta (Ekbatana). Sehingga Darius memerintahkan Tantnai agar tidak menghalangi pembangunan itu bahkan menyokongnya. Dari hal ini kita belajar bahwa Tuhan sanggup mengubah rancangan jahat apapun yang ditujukan kepada umatNya menjadi kebaikan. Akhirnya rumah Tuhan selesai dibangun dan mereka menahbiskan rumah itu dan juga mengadakan perayaan paskah dan hari raya roti tidak beragi. Dalam setiap tantangan dan hambatan untuk membangun kehidupan rohani, Tuhan tidak pernah meninggalkan kita karena Dia adalah Pembela umatNya.

TUHAN sanggup mengubah rancangan jahat menjadi kebaikan karena Ia adalah pembela umatNya yang setia dan penuh kuasa.

#passionateheintje.blogspot.com

Ezra 6:6 "Oleh sebab itu, hai Tatnai, bupati daerah seberang sungai Efrat, dan Syetar-Boznai serta rekan-rekanmu, para punggawa daerah seberang sungai Efrat, hendaklah kamu menjauhkan diri dari sana.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT