Devotion 760 : NYAMAN DI PEMBUANGAN

Devotion 760 - DR. Heintje Kobstan
NYAMAN DI PEMBUANGAN
Bacaan: Ezra 2

Ketika kita berada jauh dari rumah, terkadang ada kerinduan untuk kembali kerumah. Ketika Yehuda berada dalam pembuangan, maka kerinduan untuk kembali pulang sangatlah besar. Dan ketika Koresh mengumumkan tentang pembebasan para tawanan Yehuda untuk kembali ke tanah kelahirannya pastilah disambut dengan gembira. Kegembiraan ini pasti diluapkan dengan berbagai cara karena apa yang dinanti-natikan dan dirindukan telah menjadi kenyataan.

Akan tetapi mungkin ada juga yang sudah terlanjur nyaman dan tetap mau tinggal di pembuangan, Babilonia. Mereka tidak mau kembali ke Yerusalem karena memikirkan kesusahan yang menanti mereka disana. Karena itu, hanya mereka yang berkomitmen dan meresponi nubuatan Tuhan yang kembali untuk membangun Yerusalem dan rumah Tuhan. Bagi yang tinggal mungkin keputusan mereka sudah tepat tetapi nama mereka tidak ditulis dalam Alkitab. Mereka yang meresponi kelepasan Tuhan, memilih bagian yang tak bisa dibandingkan dengan harta dan kenyamanan karena nama mereka tercatat dalam Alkitab. Ezra mencatat semua nama-nama yang kembali secara lengkap baik dari rakyat biasa sampai kepada para imam. Bahkan mereka yang kembali itu diselidiki dengan seksama tentang silsilah mereka dan terutama untuk jabatan imam. Hal ini dikarenakan mereka ingin membangun kembali struktur komunitas dan tata kehidupan seperti zaman bapa leluhur mereka, Daud. Jabatan imam hanya bisa dijabat oleh mereka keturunan Lewi asli dan tidak bisa tergantikan oleh suku-suku lain. Mereka yang pulang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk membangun kembali apa yang telah dihancurkan karena itu membutuhkan komitmen dan pengorbanan yang besar. Hanya mereka yang siap untuk membangun yang dapat meresponi maklumat Koresh. Sebagai umat Tuhan, janganlah tinggal dalam kenyamanan karena itu akan meninabobokan iman kita karena itu teruslah miliki pengharapan akan hidup kekal dengan terus bergerak dari kemuliaan kepada kemuliaan dan membangun kerajaan Allah di muka bumi ini.

Jangan tinggal dalam zona nyaman yang akan mematikan kehidupan iman tetapi terus bergerak dalam rencana dan kehendak Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
Ezra 2:1 "Inilah orang-orang propinsi Yehuda yang berangkat pulang dari pembuangan, yakni para tawanan, yang dahulu diangkut ke Babel oleh Nebukadnezar, raja Babel, dan yang kembali ke Yerusalem dan ke Yehuda, masing-masing ke kotanya."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT