Devotion 774 : NGANCAM YAH... SIAPA TAKUT?

Devotion 774 - Dr. Heintje Kobstan
NGANCAM YAH... SIAPA TAKUT?
Bacaan: Nehemia 6

Nehemia berhasil membangun kembali tembok itu tetapi belum memasang pintu-pintu gerbangnya. Tidak ada celah atau lubang karena semua telah tertutup dengan rapih. Hal ini kedengaran kepada Sanbalat dan Tobia dan Gesyem, orang Arab itu dan musuh-musuh lainnya. Kemudian mereka mulai menyusun rencana untuk mencelakakan Nehemia. Sanbalat menyuruh utusan kepada Nehemia untuk mengajaknya berunding di Kefirim, lembah Ono. Tetapi Nehemia mengatakan kepada mereka bahwa ia sedang melakukan pekerjaan yang besar dan tidak mungkin untuk meninggalkannya. Sampai 4 kali mereka mengirimkan pesan seperti itu kepada Nehemia.

Setelah 4 kali pesan untuk berunding dan tidak diindahkan oleh Nehemia maka mereka pun mulai mengintimidasi Nehemia. Pesan kelima yang disampaikan Sanbalat adalah bahwa terdengar gosip bahwa Nehemia dan orang Yahudi akan memberontak dan Nehemia akan menjadi raja atas orang Yahudi. Bahkan dalam gosip itu, Nehemia telah mengangkat nabi-nabi untuk menjadi juru kampanyenya. Sedangkan pada waktu itu Nehemia adalah Gubernur di daerah itu. Tetapi Nehemia tidak menanggapi berita itu. Namun bukan hanya itu saja, ternyata Sanbalat dan Tobia juga telah menyuap Semaya, untuk membawa berita bahwa Nehemia akan dibunuh jadi ia disuruh untuk bersembunyi di bait Allah. Jika Nehemia melakukan hal itu maka ia akan dikucilkan karena ia bukanlah imam yang boleh masuk ruang kudus bait Allah. Ternyata juga banyak pemuka yang tetap menjalin hubungan dengan Tobia bahkan ada yang menjadi menantunya. Nehemia tidak gentar dan takut menghadapi segala ancaman yang dapat saja mencelakakan dirinya baik dari luar maupun dari dalam atau musuh dalam selimut. Nehemia mempunyai keyakinan yang kuat kepada Allah yang telah memberikan visi padanya bahwa Ia akan menjadi Pelindung dan Penolong baginya. Jika kita berkenan dihadapan Tuhan, janganlah takut terhadap semua ancaman baik yang datang dari luar maupun dari dalam karena Tuhan menyertai hidup kita.

Jangan takut terhadap setiap ancaman musuh sebab yang menyertai kita adalah TUHAN.

#passionateheintje.blogspot.com
Nehemia 6:19 "Juga mereka sebut-sebut segala kebaikan Tobia di mukaku dan segala perkataanku terus dibeberkan kepadanya. Pula Tobia mengirim surat-surat untuk menakut-nakutkan aku."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT