Devotion 776 : MENGHORMATI FIRMAN TUHAN

Devotion 776 - Dr. Heintje Kobstan
MENGHORMATI FIRMAN TUHAN
Bacaan: Nehemia 8

Adapun kota itu sangat luas tetapi belum tertata dengan baik. Karena itu, Tuhan menaruh inspirasi kepada Nehemia untuk mengumpulkan seluruh penduduk dan kemudian menyusun silsilah mereka. Di tengah-tengah keturunan Israel murni terdapat juga beberapa keluarga imam yang tidak terdapat dalam silsilah maka mereka harus dibuktikan terlebih dahulu baru mereka bisa kembali melayani. Dengan pendataan ini maka didapatkan modal awal yaitu sumber daya manusia untuk membangun kembali Yerusalem. Pada bulan ketujuh, dengan serentak seluruh penduduk berkumpul di pintu gerbang air dan meminta Ezra, ahli kitab itu untuk mengajarkan kepada mereka kitab Taurat Musa.

Bangsa Israel menunjukan kehausan dan kerinduan mereka akan Taurat Tuhan. Pada hari pertama bulan ketujuh, Ezra membacakan kitab Taurat Musa kepada seluruh jemaah yang dapat mendengar dan mengerti. Ezra membacakan beberapa bagian dari kitab Taurat itu dari pagi hingga tengah hari dan dengan penuh perhatian seluruh jemaah mendengar pembacaan kitab itu. Orang Israel bukan hanya haus dan rindu akan Taurat Tuhan tetapi mereka juga menghormatinya. Mata mereka memandang kitab itu, dan ketika Ezra membuka kitab itu mereka bangkit berdiri. Lalu Ezra mulai menyanyikan pujian kepada Tuhan dan seluruh jemaah menyambut dengan mengatakan Amin sambil mengangkat tangan. Mereka kemudian berlutut dan bersujud menyembah Tuhan. Betapa hal ini merupakan suatu bentuk penghormatan kepada firman TUHAN, mereka berdiri menyambut firman itu, meninggikan, bahkan sujud bertelut menyembahNya. Mereka menyadari bahwa firman TUHAN adalah Pribadi Allah sendiri yang menyatakan diriNya sendiri kepada umatNya. Karena itu, ketika kita mendengar dan membaca firman TUHAN maka lakukanlah itu dengan penuh kehausan dan kerinduan. Tetapi lebih daripada itu hormatilah firman TUHAN karena itu adalah Pribadi Allah sendiri.

Patutlah kita menaruh hormat ketika kita membaca dan mendengarkan firman TUHAN  karena itu adalah Pribadi Allah sendiri yang menyatakan diriNya kepada kita.

#passionateheintje.blogspot.com
Nehemia 8:5 "Ezra membuka kitab itu di depan mata seluruh umat, karena ia berdiri lebih tinggi dari semua orang itu. Pada waktu ia membuka kitab itu semua orang bangkit berdiri."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT