Devotion 751 : GERAKAN PEMBAHARUAN

Devotion 751 - DR. Heintje Kobstan
GERAKAN PEMBAHARUAN
Bacaan: 2 Tawarikh 29

Seorang teman bertanya, mengapa bisa terjadi ayahnya takut Tuhan tapi anaknya melakukan hal yang jahat di mata Tuhan? Saya menjawab, ada banyak hal yang mengakibatkan itu terjadi, misalnya faktor pergaulan, didikan dalam keluarga, disharmonisasi antar anggota keluarga, dan lain-lain. Gereja Tuhan generasi sebelum hari ini pernah mengalami akan hal ini, orang tuanya adalah hamba Tuhan yang luar biasa tetapi anak-anaknya menjadi pemberontak dan melakukan kejahatan walau terlihat beribadah. Tetapi pilihan untuk hidup dalam kebenaran atau tidak terletak pada generasi berikutnya.

Ketika Ahas wafat maka ia digantikan oleh Hizkia, anaknya. Cara hidup Hizkia berbanding terbalik dengan Ahas, ia melakukan apa yang benar di mata Tuhan tepat seperti Daud bapa leluhurnya. Hizkia memilih untuk tidak mengikuti cara hidup Ahas. Ketika ia menjadi raja, hal pertama yang dia lakukan adalah memerintahkan para imam dan Lewi melakukan pentahiran rumah Tuhan yang telah ditutup dan dicemarkan oleh Ahas. Setelah itu, ia memerintahkan kembali untuk ditegakkan ibadah di rumah Tuhan sesuai yang ditetapkan Daud. Hizkia melakukan pembaharuan ibadah di rumah Tuhan diawal pemerintahannya. Walaupun ayahnya seorang yang sangat jahat dimata Tuhan tetapi Hizkia memilih untuk tidak mengikuti tingkah laku ayahnya. Karena 1 orang pemimpin maka rakyat bisa berubah setia kepada Tuhan, dan karena 1 orang pemimpin yang lain maka rakyat yang sama bisa kembali beribadah kepada Tuhan. Seharusnya umat Tuhan dapat memberi dampak yang positif bagi sekelilingnya, tetapi semua itu kembali tergantung pada pilihan mereka. Hizkia memilih untuk melakukan pembaharuan di Yehuda yang dimulai dari rumah Tuhan. Pembaharuan suatu komunitas seharusnya dimulai dari gereja Tuhan dan dilakukan oleh umat Tuhan.

Gerakan pembaharuan suatu komunitas seharusnya dimulai dari umat Tuhan yang sadar akan panggilan Tuhan dalam hidup mereka.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Tawarikh 29:11 "Anak-anakku, sekarang janganlah kamu lengah, karena kamu telah dipilih TUHAN untuk berdiri di hadapan-Nya untuk melayani Dia, untuk menyelenggarakan kebaktian dan membakar korban bagi-Nya."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT