Devotion 395 : PROBLEM SOLVER

Devotion 395 - Dr. Heintje Kobstan
PROBLEM SOLVER
Bacaan: Kejadian 40

Seberat apapun masalahmu, jadilah "problem solver" bukan "problem maker" sehingga orang lain pun bisa menikmati anugerah Tuhan melalui hidupmu.

Yusuf menjadi kesayangan kepala pengawal raja. Ia mempercayakan seluruh tahanan dan segala urusan penjara kepada Yusuf dam Tuhan membuat segala yang Yusuf kerjakan berhasil. Menjadi "penguasa" atas seluruh penjara dan para tahanan tidak membuat Yusuf bertingkah dan mempergunakan kesempatan itu untuk kepentingan pribadinya. Tetapi ia melakukan apa yang harus dikerjakannya dengan penuh integritas. Karena kebaikan hatinya, Yusuf pun menjadi tempat "curhat" bagi para tahanan lainnya.

Adalah juru minum dan juru roti raja yang dijebloskan kedalam penjara oleh raja sendiri. Kedudukan tinggi bukanlah jaminan untuk bisa bertahan disana dan mendapat perkenan raja. Kepala pengawal raja menaruh mereka satu sel dengan Yusuf, dan Yusuf melayani mereka dengan baik. Kedua pegawai raja tersebut mendapatkan mimpi, dan membuat mereka bersusah hati dan menceritakan mimpinya dan Yusuf mengartikannya. Yusuf hanya berpesan kepada mereka seandainya mimpi itu menjadi kenyataan agar mengingatnya dan menceritakan kasusnya kepada raja. Bagi kita mungkin ini peristiwa yang kebetulan tetapi Allah memberikan mimpi kepada pegawai raja dan hikmat kepada Yusuf untuk mengartikannya. Ini  membuktikkan bahwa Allah yang pegang kendali dan mengatur semuanya. Mimpi itu pun menjadi kenyataan sesuai perkataan Yusuf tetapi ia justru dilupakan kepala juru minuman raja. Perbuatan baik kita bisa saja dilupakan orang, kalau itu terjadi jangan menuntut balas tapi bersyukurlah.

Meskipun dalam penjara, Yusuf menjadi "problem solver" bukan "problem maker" buat para tahanan. Jadikanlah hidupmu saluran berkatNya sehingga orang lain ikut merasakan berkat Allah melalui dirimu.

#passionateheintje.blogspot.com
Kej. 40:23 "Tetapi Yusuf tidaklah diingat oleh kepala juru minuman itu, melainkan dilupakannya."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT