Devotion 365 : KETURUNAN YANG DIBERKATI DAN DIKUTUK

Devotion 365 - Dr. Heintje Kobstan
KETURUNAN YANG DIBERKATI DAN DIKUTUK
Bacaan: Kejadian 10

Dari generasi ke generasi, Allah selalu memilih orang-orang yang akan menggenapi rencanaNya. Jadilah orang pilihan Tuhan yang menggenapi rencanaNya.

Setelah air bah, maka lahirlah anak-anak dari Sem, Ham dan Yafet. Dari keturunan Nuh ini, kita mendapati dua kelompok bangsa yaitu yang diberkati dan yang dikutuk.

Sem disebut bapa semua anak Eber, padahal Eber adalah cicitnya Ham. Mungkin karena dari Eber lahir Abraham dan dari Abraham lahir bangsa perjanjian. Keturunannya disebut bangsa Ibrani dan Abraham adalah orang Ibrani. Eber tetap mempertahankan hidup bersekutu dengan Allah disaat orang-orang pada zamannya menjauhi Allah dan melakukan kejahatan.
Sem juga disebut abang Yafet, padahal Yafetlah yang sulung dan kenapa bukan abang Ham juga? Ini merupakan kelanjutan kisah ps. 9. saat Nuh mengucapkan berkat buat Sem dan Yafet tapi kutuk buat Ham,  "hendaklah Yafet tinggal dalam kemah-kemah Sem." Ini menunjukkan persekutuan antara Sem dan Yafet. Yafet ikut diberkati karena memiliki persekutuan yang benar dengan Sem.

Bagaimana dengan Ham? Ham, meskipun ia memiliki banyak anak, ia tidak diakui dan disebut bapa Kanaan, yang di atas dirinyalah kutuk tersebut diwariskan. Nuh mengutuki Ham karena menceritakan hal yang memalukan tentang dirinya. Keturunan Ham bukanlah orang yang takut akan Tuhan. dalam garis keturunan Ham terdapat para pemberontak, bukan orang gagah perkasa dalam pengertian positif, tetapi justru negatif. Kanaan yang dikaitkan dengan Ham yang pada akhirnya menjadi lawan dari bangsa Israel.

Allah sangat berperan penting dalam sejarah manusia. Dari setiap generasi, Dia memilih orang-orang tertentu untuk menggenapi rancangan-Nya. Jadilah orang pilihan Tuhan yang dipakai untuk menggenapi rencanaNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Kejadian 10:1 "Inilah keturunan Sem, Ham dan Yafet, anak-anak Nuh. Setelah air bah itu lahirlah anak-anak lelaki bagi mereka."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT