Devotion 381 : BERKAT TUHANLAH YANG MEMBUAT KITA BERHASIL

Devotion 381 - Dr. Heintje Kobstan
BERKAT TUHANLAH YANG MEMBUAT KITA BERHASIL
Bacaan: Kejadian 26

Reaksi tiap orang atas berkat Tuhan dalam hidup kita bermacam-macam, beresponlah dengan benar dalam terang firman Tuhan.

Ketika kelaparan melanda negeri itu, Ishak pergi ke Gerar, kepada Abimelekh, raja Filistin dan Tuhan menyuruh Ishak untuk tinggal disana pada waktu kelaparan. Kejadian berulang kembali seperti Abraham, Ishak berbohong tentang Ribka dengan berkata bahwa ia adalah saudaraku. Ishak takut karena Ribka sangat cantik dan kemungkinan orang-orang akan membunuh dia karena Ribka.  Abimelekh pun menegur Ishak tapi lewat Abimelekh pula, Tuhan menyatakan perlindungan bagi mereka serta mengijinkan dia untuk tinggal di negeri itu.

Sesuai janji Tuhan bahwa negeri itu akan menjadi miliknya, maka menaburlah Ishak walau saat itu musim kering. Karena berkat Tuhan maka Ishak mendapatkan hasil 100 kali lipat begitu juga dengan ternak yang semakin bertambah banyak. Ia menjadi semakin kaya sehingga orang Filistin cemburu bahkan Abimelekh pun harus mengusir dia dari sana. Orang yang mengandalkan Tuhan tidak bereaksi negatif dalam kepahitan himpitan sosial. Berserah bukan menyerah. Ishak mulai menggali kembali sumur-sumur Abraham yang ditutup orang Filistin, air mulai membual keluar lagi. Tapi terjadi pertengkaran gembala-gembala Gerar dan gembala-gembala Ishak, maka dinamai sumur itu Esek atau pertikaian, dan sumur berikutnya Sitna atau permusuhan/kebencian, tapi kemudian digali sumur berikutnya yang tidak menimbulkan pertengkaran lagi, yaitu Rehobot atau perluasan dan kedamaian. Tuhanlah yang menyertai Ishak, seperti pengakuan Abimelekh kepadanya.

Akan ada berbagai reaksi orang ketika melihat berkat Tuhan atas hidup kita. Beresponlah dengan benar, naikkan syukur dan jangan terlena dengan berkat Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
Kejadian 26:14 "Ia mempunyai kumpulan kambing domba dan lembu sapi serta banyak anak buah, sehingga orang Filistin itu cemburu kepadanya."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT