Devotion 390 : PENUHI NAZARMU

Devotion 390 - Dr. Heintje Kobstan
PENUHI NAZARMU
Bacaan: Kejadian 35

Seperti Yakub taat pada perintah Tuhan dan mengalami penyertaanNya, seperti itulah hidup kita.

Tuhan menyuruh Yakub ke Bethel untuk tinggal dan membuat mezbah, di tempat Tuhan menyatakan diri pertama kali kepada Yakub waktu ia lari dari Esau. Yakub menyuruh semua orang yang mengikuti dia tanpa terkecuali harus mengumpulkan semua berhala mereka dan menahirkan diri serta mengganti pakaian mereka. Kemudian Yakub menanam semua berhala dan anting-anting di bawah pohon. Walau Yakub mempercayai Allah tetapi tidak semua pengikutnya seperti dia bahkan Rahel pun mengambil terafim ayahnya. Yakub mau menghadap Allah di Bethel maka ia dan seluruh rombongan harus menyucikan diri.

Tuhan kembali mengingatkan Yakub akan nazarnya di Bethel yang mungkin telah dilupakan Yakub.  Inilah saatnya bagi Yakub untuk memenuhi nazarnya karena Tuhan telah menggenapi janjiNya membuat Yakub berkelimpahan. Ketika mereka bergerak ke Bethel, kedahsyatan yang dari Allah meliputi kota-kota sekeliling mereka, sehingga anak-anak Yakub tidak dikejar. Yakub mendirikan mezbah, Allah mengganti nama Yakub menjadi Israel dan meneguhkan perjanjianNya. Ia yang memulai perjalanan hidupnya dengan ketidakjujuran, ketakutan tetapi mengalami kasih Tuhan dan bahkan dipilih sebagai alat untuk menggenapi janji keselamatan-Nya lewat keturunannya. Lalu Yakub mendirikan tugu batu, mempersembahkan korban curahan dan menuangkan minyak atasnya sebagai penggenapan atas nazarnya.

Ketika semua berhala disingkirkan dan mereka berjalan ke Bethel, kota-kota disekelingnya dilanda kedahsyatan Tuhan. Seperti Yakub taat pada perintah Tuhan dan mengalami penyertaanNya, seperti itulah hidup kita. Allah akan menyertai kita selama kita berjalan bersama-Nya. Jika Ia di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?

#passionateheintje.blogspot.com
Kej. 35:9 "Setelah Yakub datang dari Padan-Aram, maka Allah menampakkan diri pula kepadanya dan memberkati dia."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT