Devotion 375 : KETAKUTAN YANG MENCELAKAKAN

Devotion 375 - Dr. Heintje Kobstan
KETAKUTAN YANG MENCELAKAKAN
Bacaan: Kejadian 20

Rasa takut bisa mengakibatkan seseorang berbuat kesalahan dan dosa.

Setiap manusia pasti punya rasa takut yang disebabkan berbagai hal. Bahkan untuk seorang Abraham yang sudah bertemu Tuhan pun masih juga dilanda ketakutan. Abraham takut ia akan dibunuh oleh orang lain karena Sara, istrinya yang cantik. Demi menyelamatkan dirinya maka ia mengaku bahwa mereka bersaudara saat berada di Gerar supaya ia selamat. Ada istilah, "punya istri cantik banyak yang melirik, punya istri jelek banyak yang mencibir." Karena pengakuannya bahwa mereka bersaudara, maka Abimelekh raja Gerar mengambil Sara sebagai istrinya. Tapi mengapa Abraham, orang pilihan Allah bisa melakukan kebohongan? Atau tidakkah ia percaya kepada Tuhan yang menjadi pelindung mereka? Ternyata Abraham pun bisa melakukan kesalahan.

Demi Abraham dan Sara dan juga mencegah Abimelekh berbuat dosa maka Allah mendatangi Abimelekh lewat mimpi untuk menyuruhnya mengembalikan Sara kepada Abraham dan meminta Abraham berdoa bagi dia. Pada masa itu dibutuhkan perantaraan nabi (artinya: "juru bicara") untuk berdoa kepada Tuhan. Abraham adalah seorang nabi. Kendati dia berdosa, dosanya tidak lantas meniadakan peran kenabiannya. Bahkan Abimelekh yang terjerat dosa perlu meminta Abraham berdoa untuk keselamatan diri dan bangsanya. Tuhan itu baik, walau Abraham telah berbuat salah, Tuhan masih tetap membelanya karena ada hubungan intim yang permanen antara Allah dan Abraham. Tuhan juga mengasihi Abimelekh dengan mencegahnya berbuat dosa karena mempunyai hati yang tulus.

Status seseorang tak akan mencegahnya untuk berbuat kesalahan atau dosa. Perbesar imanmu bukan rasa takutmu, karena takut bisa membuat seseorang melakukan kesalahan dan dosa. Iman akan mengalahkan ketakutan.

#passionateheintje.blogspot.com
Kejadian 20:11 "Lalu Abraham berkata: "Aku berpikir: Takut akan Allah tidak ada di tempat ini; tentulah aku akan dibunuh karena isteriku."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT