Devotion 385 : YANG SEDIKIT MENJADI BANYAK

Devotion 385 - Dr. Heintje Kobstan
YANG SEDIKIT MENJADI BANYAK
Bacaan: Kejadian 30

Yang sedikit ditangan kita, jika diserahkan kepada Tuhan, maka Ia akan memberkatinya menjadi banyak.

14 tahun Yakub dirumah Laban, ia juga telah memperistri Lea dan Rahel serta beberapa hamba mereka dan dari mereka ia telah mendapat keturunan. Dalam 14 tahun itu Yakub juga telah bekerja keras membantu Laban. Kambing domba Laban telah bertambah sangat banyak tapi tak satupun Yakub mengambilnya. Yakub memang telah menipu ayahnya dan Esau tapi sejak pertemuan dengan Tuhan di Bethel, Yakub berusaha hidup dalam kejujuran. Ia bekerja keras hanya untuk mendapatkan Rahel. Namun bagaimana dengan janji Tuhan kepada Yakub? Yakub tidak berusaha menolong Tuhan untuk menjadikan dirinya kaya dengan membohongi Laban. Karena itu, Tuhan tetap menyertai Yakub.

Yakub meminta kepada Laban agar supaya ia bisa kembali bersama istri-istri dan anak-anaknya ke tanah kelahirannya. Karena itulah tanah perjanjian yang Allah janjikan kepada Abraham, Ishak dan kepadanya juga. Yakub hanya meminta istri-istri dan anak-anaknya saja sebagai upah, tetapi Laban ingin agar ia meminta upah yang lain juga. Yakub pun meminta kambing domba yang berbintik dan berbelang-belang. Laban segera menyetujuinya karena memang sangat jarang yang seperti itu. Tetapi Tuhan memberikan hikmat kepada Yakub, dengan beberapa cara sederhana kambing dombanya menjadi sangat banyak. Ia sadar itu semua berkat Tuhan bukan kemampuannya. Tuhanlah yang memberikan hikmat kepadanya untuk berhasil dengan cara yang jujur dan cerdas.

Tuhanlah yang membuat Yakub berhasil membuat Laban bertambah kaya. Tuhan juga yang membuat kambing domba Yakub bertambah banyak. Jika yang sedikit ditangan kita diserahkan kepada Tuhan, percayalah! Tuhan akan memberkatinya menjadi banyak.

#passionateheintje.blogspot.com
Kejadian 30:43 "Maka sangatlah bertambah-tambah harta Yakub, dan ia mempunyai banyak kambing domba, budak perempuan dan laki-laki, unta dan keledai."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT