Devotion 256 : DALAM KELEMAHANNTERLETAK

Devotion 256 - Dr. Heintje Kobstan
DALAM KELEMAHAN TERLETAK KEKUATAN
Bacaan: 2Korintus 12

Kelemahan tak selamanya membuat kita terpuruk tergantung dari cara kita memahaminya.

Tuhan memberikan kita hikmat, pengetahuan, karunia serta talenta.  Semua itu bertujuan dipakai dalam mengembangkan Kerajaan Allah dimuka bumi ini dan kemuliaan namaNya. Namun sadar atau tidak, seringkali kita mempergunakannya untuk meninggikan diri agar supaya mendapatkan pengakuan dari orang lain. Paulus mengatakan bahwa walaupun ia mendapatkan penyataan-penyataan yang luar biasa dari Allah, menyangkut pertemuannya dengan Yesus 14 tahun lalu, ia tidak mau meninggikan diri. Ia tidak mau orang menilainya lebih tinggi dari apa yang didengar atau dilihat, sehingga menganggapnya manusia super lalu memujanya.

Paulus berkata Tuhan telah menaruh duri dalam dagingnya supaya ia tidak meninggikan dirinya. Ia telah 3x berseru dan memohon agar bisa terbebas dari duri itu tapi Tuhan tidak mengabulkan. Tetapi jawab Tuhan kepadanya: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu Paulus lebih suka bermegah atas kelemahannya, supaya kuasa Kristus turun menaunginya. Ini adalah keadilan Tuhan, disatu sisi Paulus diberi karunia yang luar biasa namun disisi lain Tuhan pun mengaruniakan kepadanya kelemahan. Manusia tidaklah sempurna karena itu jangan bermegah atau mengandalkan kemampuan kita. Paulus menyatakan bahwa ia lebih suka berada dalam kelemahan, derita, penganiayaan karena Kristus, sebab dalam kelemahannyalah terletak kekuatan.

Menyadari kelemahan kita, akan membuat kita semakin berserah kepada Tuhan. Mengandalkan kemampuan kita akan menjadikan kita sombong dan menjadi seteru Kristus. Bermegahlah dalam kelemahan karena itulah yang akan menyatakan kuasa Tuhan dalam hidup kita.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Korintus 12:5 "Atas orang itu aku hendak bermegah, tetapi atas diriku sendiri aku tidak akan bermegah, selain atas kelemahan-kelemahanku."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT