Devotion 797 : JANGAN MENGHAKIMI

Devotion 797 - Dr. Heintje Kobstan
JANGAN MENGHAKIMI
Bacaan: Ayub 6

Kemungkinan besar Elifas menganggap Ayub mengalami penderitaan dikarenakan ia berdosa kepada Tuhan. Nasehat-nasehat yang diberikan Elifas sebagai sahabat bukan membangkitkan semangat tetapi mengandung tuduhan dosa. Seringkali kita sebagai orang Kristen mempunyai kecederungan menghakimi seseorang yang sedang dalam masalah atau penderitaan itu karena dosa. Padahal tidak semua masalah dan penderitaan dikarenakan dosa. Bisa jadi karena kita hidup benar dan mengalami berkat Tuhan maka ada orang yang iri dan ingin menghancurkan hidup kita. Ataupun karena iblis yang ingin menghancurkan hidup kita seperti yang terjadi pada Ayub.

Ayub mengakui bahwa ia mengucapkan perkataan yang terburu-buru namun jika dibandingkan dengan penderitaannya, kata-katanya tidak ada artinya. Dalam penderitaannya, Ayub merasa Tuhan bahkan berbalik memusuhinya dengan seolah-olah menembakkan panah dan menebar racun dalam tubuhnya. Ayub merasakan makanan yang dimakannya tidak mempunyai rasa apa-apa alias hambar. Apa yang dialami Ayub membuat dia memohon agar Tuhan mengambil nyawanya saja. Bahkan ia akan dengan senang hati dan bersukacita seandainya itu terjadi karena Ayub tahu bahwa ia telah mempunyai tempat di rumah Bapa di sorga. Keyakinan ini muncul karena ia selalu menaati firman Tuhan dalam hidupnya. Kematian baginya adalah cara untuk mengakhiri penderitaannya di dunia ini. Karena begitu berat penderitaan sehingga ia merasa tak sanggup untuk menanggungnya lagi. Ayub tidak mempunyai kekuatan bahkan masa depannya pun tidak ada lagi. Ia bukan manusia super yang mempunyai kekuatan seperti batu ataupun tubuhnya dari tembaga. Karena itu, lebih baik dengan segera maut menjemputnya agar ia segera terbebas dari penderitaan ini. Adalah baik ketika kita berhadapan dengan orang yang lagi menderita, tak perlu cepat-cepat menghakimi bahwa karena dosa atau kesalahannya sehingga itu semua terjadi tetapi berilah penghiburan dan kekuatan.

Janganlah menghakimi saudaramu yang sedang dalam penderitaan dengan kata-kata yang menjatuhkan tetapi berilah penghiburan dan kekuatan agar ia bangkit kembali.

#passionateheintje.blogspot.com
Ayub 6:9 "Kiranya Allah berkenan meremukkan aku, kiranya Ia melepaskan tangan-Nya dan menghabisi nyawaku! "

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT