Devotion 781 : MEMPERTAHANKAN PERJANJIAN

Devotion 781 - Dr. Heintje Kobstan
MEMPERTAHANKAN PERJANJIAN
Bacaan: Nehemia 13

Ketika Ezra membacakan dan menjelaskan kitab Taurat TUHAN maka para pemimpin dan umat Tuhan mengadakan ikatan perjanjian dengan Tuhan. Mereka melakukan pertobatan dan hidup tidak mencemarkan diri menurut kebiasaan bangsa lain bahkan menjadikan mereka istri atau menikahkan anak mereka dengan orang di luar Israel. Mereka juga berjanji untuk setia memberikan persembahan perpuluhan dan persembahan khusus lainnya.

Namun ketika Nehemia kembali dari Babilonia untuk menghadap raja Arthasasta maka didapati bahwa bilik besar di bait Allah telah diberikan kepada Tobia oleh Elyasib. Padahal bilik itu untuk menyimpan korban sajian, kemenyan, perkakas-perkakas bait Allah, dan persembahan perpuluhan dari tepung, minyak dan anggur yang merupakan hak orang Lewi. Tetapi ketika Tobia menempati bilik itu maka rakyat berhenti membawa persembahan yang berakibat orang Lewi meninggalkan pelayanan dan kembali keladang-ladangnya. Nehemia menjadi kesal lalu membuang keluar semua barang-barang Tobia keluar bilik dan menyucikannya kembali untuk digunakan sesuai peruntukannya. Dan seluruh rakyat pun kembali membawa perpuluhannya yang kemudian diurus oleh imam Selemya, Zadok yang ahli kitab, Pedaya dan Hanan. Nehemia juga memperingatkan mereka yang tidak menghormati hari Sabat, baik kepada orang Israel maupun kepada pedagang. Nehemia juga bertindak keras ketika melihat ada orang Israel yang memperistri wanita yang bukan orang Israel bahkan ia juga mengusir seorang anak imam Besar Yoyada yang kawin dengan anak Sanbalat. Nehemia mempunyai alasan bahwa Salomo jatuh dalam dosa karena menikahi wanita-wanita di luar Israel sehingga ia menindak tegas mereka yang mempunyai pasangan bukan orang Israel. Apa yang dilakukan Nehemia adalah menegakkan kembali perjanjian yang telah mereka lakukan dihadapan TUHAN. Kecenderungan manusia melupakan apa yang telah dijanjikannya. Bahkan seorang imam Besar pun juga lalai sehingga menelantarkan pelayanan di bait suci. Karena itu dibutuhkan seorang Nehemia yang berdiri dan mempertahankan perjanjian itu.

Jika engkau mengadakan perjanjian dengan TUHAN maka berkomitmenlah untuk setia melakukannya dan jangan lalai.

#passionateheintje.blogspot.com
Nehemia 13:14 "Ya Allahku, ingatlah kepadaku karena hal itu dan janganlah hapuskan segala perbuatan bakti yang telah kulakukan terhadap rumah Allahku dan segala pelayanan di dalamnya!"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT