Devotion 783 : MENJADI BINTANG

Devotion 783 - Dr. Heintje Kobstan
MENJADI BINTANG
Bacaan: Ester 2

Raja Ahasyweros menyesali keputusannya yang telah memecat ratu Wasti sebagai ratu. Setelah murkanya surut maka ia terkenang kepada Wasti dan yang dilakukannya, dan kepada apa yang diputuskan atasnya. Karena hal ini maka diusulkan kepada raja agar mencari gadis-gadis cantik pengganti ratu Wasti dan raja menyetujui usulan itu. Maka diadakanlah kontes ratu kecantikan dan diseleksilah dari seluruh daerah anak dara yang lolos seleksi dikumpulkan dan diberi perawatan kecantikan.

Inilah permulaan kisah perjuangan seorang Hadasa (hadhas yang artinya sejenis bunga, dalam bahasa ibrani berarti pohon murad), yang biasa juga dikenal dengan nama Ester (berhubungan dengan kata Persia = stareh artinya: bintang; Sansekerta: sta'na; Akadia: istar). Kebiasaan orang Yahudi memberikan dua nama kepada anaknya pada waktu itu. Mordekhai, paman Ester yang mengasuhnya (karena Ester adalah anak yatim piatu) mendaftarkannya untuk ikut kompetisi itu dan lolos seleksi. Ester dan gadis-gadis lainnya yang telah lolos seleksi lalu diberi perawatan ibarat seorang ratu. Setelah mereka siap maka diperhadapkan kepada raja. Hadasa si bunga di padang mendapatkan kasih karunia raja untuk menjadi ratu, sesuai namanya Ester yang berarti bintang. Si anak yatim piatu, seorang buangan dan yang hanya diasuh Mordhekai pamannya, menjadi ratu atas seluruh Babilonia. Kalau bukan Tuhan yang mengerjakan semua itu dan kerelaan hati Ester untuk mengikuti kompetisi ini dan tindakan iman dari Mordekhai untuk mendaftarkan Ester dalam kompetisi ini, maka Ester tidak akan pernah menjadi ratu. Ester juga memiliki karakter dan temperamen yang baik sehingga ia mendapat kasih sayang dari Hegai maupun dari orang yang telah melihatnya. Jika engkau bukan siapa-siapa, Tuhan sanggup menjadikanmu seperti bintang dilangit asal kau percaya dan berserah pada kehendak Tuhan.

Tidak peduli dengan latar belakangmu baik atau buruk, jika engkau berserah pada Tuhan maka Ia sanggup mengangkatmu menjadi seperti bintang di langit.

#passionateheintje.blogspot.com
Ester 2:17 'Maka Ester dikasihi oleh baginda lebih dari pada semua perempuan lain, dan ia beroleh sayang dan kasih baginda lebih dari pada semua anak dara lain, sehingga baginda mengenakan mahkota kerajaan ke atas kepalanya dan mengangkat dia menjadi ratu ganti Wasti."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT