Devotion 780 : TUHAN YANG MELINDUNGI UMATNYA

Devotion 780 - Dr. Heintje Kobstan
TUHAN YANG MELINDUNGI UMATNYA
Bacaan: Nehemia 12

Ketika sebuah keluarga memasuki rumah baru maka pada umumnya diadakan perayaan seperti syukuran memasuki rumah baru. Mereka bersukacita dan mengundang kerabat untuk berdoa dan bersyukur kepada Tuhan atas berkat pertolonganNya sehingga mereka bisa memasuki rumah yang baru. Ternyata menurut penafsiran setelah tembok kota Yerusalem selesai diperbaiki oleh Nehemia tidak langsung dirayakan. Sekitar 17 tahun kemudian barulah diadakan perayaan pentahbisan tembok Yerusalem. Jadi diundanglah seluruh rakyat termasuk didalamnya orang Lewi dari segala tempat. Menurut Neh. 11:18, hanya ada dua ratus delapan puluh empat orang Lewi yang tinggal di Yerusalem pada saat itu.

Pentahbisan tembok Yerusalem diadakan dengan sangat meriah dengan melibatkan 2 kelompok paduan suara. Kedua kelompok paduan suara ini keluar dari tempat yang berbeda lalu kemudian bertemu di depan Bait Suci. Seluruh rakyat sangat bersukacita karena Tuhan memberikan kesukaan besar pada mereka. Mereka merayakan sukacita karena tembok kota telah berhasil dibangun. Di mana tembok berbicara perlindungan Tuhan dari segala musuh dan juga identitas keberadaan sebuah kota yang menununjukkan ciri dan kebanggaan penduduknya. Bukan itu saja, mereka bersukacita dan merayakan karya Tuhan atas kota itu. Tembok itu bisa berdiri kembali karena Tuhanlah yang menyertai pembangunannya dan menghalau para musuh. Saat ini kita yang hidup di jaman serba modern ini dimana kota-kotanya sudah tidak bertembok lagi. Walaupun kota itu tanpa tembok, jika didalamnya ada orang yang percaya kepada Tuhan hidup maka Tuhan sendiri yang akan menjadi tembok berapi mengelilingi kota itu. Karena itu kita harus tetapi bersukacita dan bersyukur pada Tuhan karena Dia selalu melindungi umatNya. Kita bersyukur karena Tuhan selalu memberikan sukacita untuk menjalani kehidupan ini. Lewat sukacita ini maka kita dapat menyatakan kepada dunia bahwa TUHAN yang kita sembah adalah TUHAN yang selalu melindungi umatNya.

Hanya Tuhanlah yang dapat melindungi umatNya secara sempurna.

#passionateheintje.blogspot.com
Nehemia 12:43 "Pada hari itu mereka mempersembahkan korban yang besar. Mereka bersukaria karena Allah memberi mereka kesukaan yang besar. Juga segala perempuan dan anak-anak bersukaria, sehingga kesukaan Yerusalem terdengar sampai jauh."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT