Devotioj 787 : KEJUTAN DITENGAH ANCAMAN

Devotion 787 - Dr. Heintje Kobstan
KEJUTAN DITENGAH ANCAMAN
Bacaan: Ester 6

Setelah Ester mendapatkan perkenanan raja dan berdiri dihadapannya maka raja menanyakan apa yang Ester inginkan. Ester tidak langsung meminta tetapi ia mengundang raja beserta Haman untuk hadir dalam perjamuan yang akan diadakannya. Raja dan Haman pun datang ke perjamuan ratu Ester. Tetapi Ester belum menyatakan isi hatinya kepada raja tetapi hanya mengundang raja dan Haman untuk kembali hadir besok dalam perjamuan yang akan diadakannya. Haman merasa bangga ketika mendapatkan undangan dari ratu Ester.

Haman tidak senang dengan Mordekhai, tetapi setelah mendapatkan nasihat dari istri dan kawan-kawannya maka ia mendirikan tiang sulah setinggi 50 meter. Tiang itu akan diperasembahkan kepada raja untuk menyulah Mordekhai. Tetapi apa yang terjadi pada raja? Raja menjadi gelisah hatinya dan ia menyuruh untuk dibacakan catatan sejarah maka didapatkannya catatan tentang Mordekhai. Mordekhai pernah menolong raja tetapi belum mendapatkan penghargaan. Ketika Haman menghadap raja maka raja bertanya, "Apakah yang harus dilakukan kepada orang yang raja berkenan menghormatinya?" Haman mengira hal itu akan diberikan padanya sehingga ia menetapkan standar hadiah baginya. Tetapi ternyata penghormatan itu adalah untuk Mordekhai dan raja menyuruh Haman untuk melakukan semu itu untuk Mordekhai. Betapa sakit hatinya Haman terhadap Mordekhai karena semua rancangan kebaikan untuk dirinya ternyata diberikan raja kepada Mordekhai. Mordekhai mendapat kejutan dari sesuatu yang tidak diharapkannya. Ia hanya melakukan perbuatan baik yaitu menolong raja agar terhindar dari persepakatan pembunuhan tanpa mengharapkan balasan apa-apa. Tetapi Tuhan bisa membuat raja untuk mengingat kembali jasa Mordekhai dan memberikan penghormatan lewat musuhnya. Seperti Mordekhai, mari kita lakukan kebaikan untuk menolong orang tanpa pamrih karena akan ada waktu pembalasan atas kebaikan yang telah kita lakukan. Tuhan tidak pernah tertidur melihat keadaan kita dan kita akan mendapatkan pembalasan atas kebaikan yang telah kita lakukan bahkan bisa saja hal itu lewat orang yang memusuhi kita.

Lakukanlah kebaikan tanpa mengharapkan balasan karena Tuhan akan menggantikannya dengan yang lebih baik meskipun harus melalui musuh kita.

#passionateheintje.blogspot.com
Ester 6:10 "Maka titah raja kepada Haman: "Segera ambillah pakaian dan kuda itu, seperti yang kaukatakan itu, dan lakukanlah demikian kepada Mordekhai, orang Yahudi, yang duduk di pintu gerbang istana. Sepatah kata pun janganlah kaulalaikan dari pada segala yang kaukatakan itu."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT