Devotion 791 : ADA KASIH DALAM HUKUMAN

Devotion 791 - Dr. Heintje Kobstan
ADA KASIH DALAM HUKUMAN
Bacaan: Ester 10

Orang Yahudi yang ada di kerajaan Ahasyweros akhirnya dapat hidup dengan tenang. Mereka terpelihara dengan baik oleh para pejabat dan penguasa kota-kota karena mereka merasa takut kepada Mordekhai. Mordekhai dan Ester mengeluarkan surat ketetapan untuk semua orang Yahudi agar setiap tanggal 13 dan 14 bulan Adar, mereka harus merayakan hari raya Purim. Hari raya ini untuk mengenang kembali tentang rencana pemusnahan orang Yahudi oleh Haman dengan membuang pur (undian). Hari raya ini telah menjadi hari raya yang dilakukan dari generasi ke generasi orang Israel.

Walaupun dalam kitab Ester ini tidak menyebutkan tentang Tuhan tetapi kita bisa melihat penyertaan Tuhan yang luar biasa bagi umatNya. Orang Yahudi mendapatkan hukuman dari Tuhan dengan menjadi tawanan yang terbuang dari tanah milik mereka tapi Tuhan tetap mempedulikan mereka. Dibalik hukuman itu tersedia kasih Tuhan yang besar atas mereka. Mordekhai dan Ester adalah contoh dua hamba Tuhan yang berani dan rela mengorbankan hidup mereka demi keselamatan bangsanya. Apa yang telah mereka lakukan mendapatkan pembalasan dari Tuhan walaupun mereka tidak mengharapkan hal itu. Mordekhai menjadi orang kedua dibawah raja Ahasyweros. Raja mengaruniakan kebesaran dan kemuliaan yang besar baginya. Dari seorang buangan menjadi orang kedua dalam kerajaan itu. Jika bukan Tuhan yang memberkati Mordekhai tentunya ia tidak akan sehebat itu. Bukan hanya raja yang menyukai Mordekhai, tetapi ia juga disukai oleh bangsanya sendiri karena ia selalu berikhtiar yang baik bagi bangsanya dan selalu berbicara untuk keselamatan bagi semua orang sebangsanya. Marilah kita mencontohi kehidupan Mordekhai yang begitu peduli akan keselamatan bangsanya. Bahkan saat ia telah diangkat raja sebagai orang kedua dibawahnya, ia tetap memikirkan dan berbuat kebaikan untuk bangsanya.

Walaupun Tuhan menghukum umatNya tetapi kasih Tuhan tetap untuk selamanya menyertai dan melindungi mereka.

#passionateheintje.blogspot.com
Ester 10:3 "Karena Mordekhai, orang Yahudi itu, menjadi orang kedua di bawah raja Ahasyweros, dan ia dihormati oleh orang Yahudi serta disukai oleh banyak sanak saudaranya, sebab ia mengikhtiarkan yang baik bagi bangsanya dan berbicara untuk keselamatan bagi semua orang sebangsanya."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT