Devotion 789 : RATAPAN MENJADI SUKACITA

Devotion 789 - Dr. Heintje Kobstan
RATAPAN MENJADI SUKACITA
Bacaan: Ester 8

Pada akhirnya orang yang berbuat jahat mendapatkan upahnya. Haman yang membuat tiang setinggi 50 hasta untuk menyulakan Mordekhai tetapi ternyata tiang itu dipakai untuk menyulakan dirinya. Titah raja berikutnya adalah bahwa semua harta kekayaan Haman diberikan kepada Ester. Ketika raja mengetahui hubungan Mordekhai dan Ester maka cincin meterai yang diambil daripada Haman dan diberikan kepada Mordekhai. Dan Mordekhai diangkat oleh Ester menjadi kuasa atas harta Haman. Tetapi persoalan yang utama masih belum terselesaikan yaitu undang-undang tentang pemusnahan massal orang Yahudi tidak dapat dibatalkan.

Ester bersujud di hadapan raja untuk memohon belas kasihan raja atas bangsanya. Maka jawab raja Ahasyweros kepada Ester, sang ratu, serta kepada Mordekhai, orang Yahudi itu: "Harta milik Haman telah kukaruniakan kepada Ester, dan Haman sendiri telah disulakan pada tiang karena ia sudah mengacungkan tangannya kepada orang Yahudi. Tuliskanlah atas nama raja apa yang kamu pandang baik tentang orang Yahudi dan meteraikanlah surat itu dengan cincin meterai raja, karena surat yang dituliskan atas nama raja dan dimeteraikan dengan cincin meterai raja tidak dapat ditarik kembali." Mordekhai diberikan kuasa untuk menulis atas nama raja apa yang dipandang baik bagi orang Yahudi. Maka Mordekhai segera memanggil panitera raja dan menuliskan bahwa setiap orang Yahudi dapat berkumpul dan bersama dapat menpertahankan diri dari semua orang yang akan memusnahkan mereka. Surat itu harus segera tiba di 127 daerah mulai dari India sampai ke Etiopia. Ini merupakan kejutan yang luar biasa bagi orang Yahudi ditengah keputusasaan. Walaupun surat yang pertama telah diundangkan dan tak bisa diubah bahkan oleh raja sekalipun tetapi Tuhan punya cara lain untuk menolong umatNya. Doa dan puasa dapat mengubahkan setiap ratapan menjadi sukacita, kekalahan menjadi kemenangan, penghukuman menjadi keselamatan.

Tak ada masalah dan persoalan yang tak dapat diselesaikan oleh Tuhan bahkan Ia sanggup menggubahkan setiap ratapan menjadi sukacita.

#passionateheintje.blogspot.com
Ester 8:16 "orang Yahudi telah beroleh kelapangan hati dan sukacita, kegirangan dan kehormatan."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT