Devotion 638 : PENJILAT DAN PENGUMPAT

Devotion 638 - Dr. Heintje Kobstan
PENJILAT DAN PENGUMPAT
Bacaan: 2 Samuel 16

Ziba, hamba dari Mefiboset datang menghampiri Daud untuk membawakan keledai-keledai, bekal makanan dan anggur. Ziba pergi menjumpai Daud tanpa sepengetahuan Mefiboset, malahan memfitnahnya dihadapan Daud. Tanpa mempertimbangkan maksud hati Ziba, Daud langsung memberikan harta Mefiboset padanya. Ziba sebenarnya telah memperlihatkan jati dirinya yang licik dan tidak berintegritas. Disekitar kita akan banyak Ziba-Ziba yang berusaha mencari keuntungan dalam hidup kita.

Ujian berikutnya adalah Daud dikutuki Simei bi Gera dari keluarga Saul. Simei bukan saja mengucapkan kutuk tetapi melempari rombongan Daud dengan batu. Daud tidak membalas walau Abizai sudah meminta ijin untuk menghabisi nyawa Simei. Daud malah memarahi Abisai dan berkata, "biarkanlah dia, sedangkan anak kandungku sendiri ingin mencabut nyawaku. Sebab Tuhan telah berbicara padanya. Mungkin Tuhan akan memperhatikan kesengsaraanku ini dan Tuhan akan membalas yang baik padaku sebagai ganti kutuk orang itu padaku." Daud tidak ingin melakukan tindakan yang salah, baginya mungkin Tuhan yang telah mengijinkan Simei untuk mengutukinya jadi tidak perlu berespon negatif yang pada akhirnya hanya akan melawan Tuhan. Bagaimana respon kita ketika orang menggosipi bahkan mengutuki kita? Akankah kita bersikap seperti Daud atau Abisai? Karena itu, jaga sikap kita dihadapan Tuhan, dan minta hikmat dariNya untuk bertindak menghadapi penjilat seperti Ziba atau pengumpat seperti Simei.

Tuhan bisa pakai para penjilat atau pengumpat untuk menegur kita dengan kata-kata yang menyakitkan. Karena itu jangan bertindak gegabah, jaga sikap dan minta hikmat Tuhan untuk menghadapinya.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Samuel 16:10 "Tetapi kata raja: "Apakah urusanku dengan kamu, hai anak-anak Zeruya? Biarlah ia mengutuk! Sebab apabila TUHAN berfirman kepadanya: Kutukilah Daud, siapakah yang akan bertanya: mengapa engkau berbuat demikian?"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT