Devotion 612 : UJIAN KETERPURUKAN

Devotion 612 - Dr. Heintje Kobstan
UJIAN KETERPURUKAN
Bacaan: 1 Samuel 21

Seseorang yang berjuang untuk sukses pada suatu waktu ia pasti akan mendapatkan kesuksesan itu. Namun tidak selamanya seseorang akan tetap ada di puncak kesuksesan. Daud seorang pahlawan bangsa Israel yang sangat sukses dan selalu meraih kemenangan saat berperang melawan Filistin, kini harus melarikan diri dari Saul dalam keadaan tak berdaya. Daud melarikan diri dari kenyataan hidup bahwa ia adalah seorang pemenang.

Dalam pelariannya, Daud singgah di Nob kepada Ahimelek dan kemudian berbohong kepadanya bahwa ia sedang dalam tugas yang diberikan Saul. Daud dan pengikutnya dalam keadaan kelaparan karena pergi tanpa persiapan. Sehingga Daud harus meminta roti kepada Ahimelekh. Daud pun diberikan roti sajian yang kudus bahkan pedang Goliat diberikan juga padanya. Dalam pelarian itu, Daud juga berpura-pura menjadi orang gila ketika berada di Gat karena Daud takut kepada Akhis, raja Gat. Beberapa pegawai Akhis mengenal Daud, bahkan berkata bukankah dia Daud raja negeri itu? Seharusnya Saullah yang raja bukan dia. Daud dalam pelarian itu diingatkan kembali oleh Tuhan, bahwa ia telah di urapi menjadi raja oleh Samuel atas perkenanan Tuhan. Dimanakah mentalitas raja ya dimiliki Daud? Daud seolah-olah sedang dijauhkan Tuhan dari tujuan hidupnya. Apakah kita sedang mengalami hal seperti Daud? Bagaimana Daud menyikapi keterpurukannya? Ujian keterpurukan adalah ujian iman, yaitu seberapa besar seseorang akan bertahan dalam imannya kepada Tuhan. Bagaimana sikap imanmu jika sedang dalam terpuruk? Apakah engkau masih tetap akan memperjuangkan panggilan hidupmu?

Imanlah yang akan membuat kita bertahan dalam keterpurukan hidup.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Samuel 21:11 Pegawai-pegawai Akhis berkata kepada tuannya: "Bukankah ini Daud raja negeri itu? Bukankah tentang dia orang-orang menyanyi berbalas-balasan sambil menari-nari, demikian: Saul mengalahkan beribu-ribu musuh, tetapi Daud berlaksa-laksa?" 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT