Devotion 631 : PERSAHABATAN YANG TAK LEKANG OLEH WAKTU

Devotion 631 - Dr. Heintje Kobstan
PERSAHABATAN YANG TAK LEKANG OLEH WAKTU
Bacaan: 2 Samuel 9

Daud pun mencari anak cucu Saul yang masih hidup. Dan diberitahukanlah kepadanya tentang Ziba, hamba Saul. Lalu dipanggilnya Ziba dan bertanya padanya tentang keluarga Saul. Ziba pun menceritakan tentang Mefiboset, anak Yonatan yang cacat kakinya. Kemudian Daud memerintahkan orang untuk mengambil Mefiboset dari rumah Makhir bin Amiel dan membawa ke Yerusalem. Daud mengembalikan segala ladang Saul kepadanya dan ia akan makan sehidangan dengan Daud. Ia pun menugaskan Ziba dan anak-anaknya beserta para hambanya untuk mengelola tanah itu bagi Mefiboset.

Apa yang dilakukan Daud adalah tindakan yang tidak lazim bagi seorang raja pada waktu itu. Siapapun dia, baik raja terpilih ataupun menjadi raja karena kudeta, pastilah akan membunuh semua keturunan raja sebelumnya agar mereka tidak merebut tahta itu kembali. Mungkin banyak yang berasumsi ketika Daud mencari keturunan Saul yang masih hidup adalah untuk membunuhnya, termasuk Ziba bahkan Mefiboset sendiri. Tetapi yang Daud lakukan adalah memberi kehidupan yang layak bagi Mefiboset. Daud setia dengan janjinya pada Yonatan karena persahabatan mereka dilandasi oleh kasih Tuhan. Tanpa kasih Tuhan maka manusia bisa mengingkari perjanjian persabatan itu. Daud telah mempraktikkannya dalam hubungan persahabatannya dengan Yonatan. Persahabatan mereka terikat erat dalam perjanjian yang tak lekang oleh kematian. Persahabatan itu bisa tentang sesama manusia tetapi juga bisa antara manusia dengan Tuhan. Tanpa kasih Tuhan maka persahabatan dengan sesama bisa kandas ditengah jalan. Bangunlah juga persahabatan dengan Tuhan, yang tak lekang oleh waktu.

Persahabatan yang terbangun baik dengan Tuhan akan membuat persahabatan kita dengan sesama bisa menjadi langeng.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Samuel 9:1 "Berkatalah Daud: "Masih adakah orang yang tinggal dari keluarga Saul? Maka aku akan menunjukkan kasihku kepadanya oleh karena Yonatan."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT