Devotion 614 : TEPAT PADA WAKTUNYA

Devotion 614 - Dr. Heintje Kobstan
TEPAT PADA WAKTUNYA
Bacaan: 1 Samuel 23

Saul menyuruh Doeg orang Edom untuk membunuh Ahimelekh bin Ahitub imam di Nob beserta para imam karena telah membantu Daud. Tetapi Abyatar bin Ahimelekh berhasil melarikan diri kepada Daud dan menceritakan semua kejadian itu. Daud menyuruh Abyatar untuk tinggal bersamanya. Kemarahan yang membara dari Saul menyebabkan para imam dibunuh. Karena itu kuasai diri ketika sedang marah sehingga tidak berbuat dosa dihadapan Tuhan.

Daud mendengar kabar bahwa kota Kehila diserang oleh orang Filistin. Daud berhasil mengubah barisan terluka itu menjadi para pahlawan yang gagah berani. Daud bertanya kepada Tuhan, akankah ia maju dan mengalahkan orang Filistin? Meskipun dalam pelarian, hati nurani dan jiwa kepahlawanan Daud tergerak untuk bertindak ketika mendengar jeritan dan seruan penduduk Kehila. Dengan pimpinan Tuhan, Daud dan pasukannya mengalahkan orang Filistin. Tetapi sewaktu Saul mengetahui Daud ada di Kehila maka majulah ia kesana. Daud mendengar akan hal itu kemudian bertanya kepada Tuhan, akankah Kehila menyerahkannya kepada Saul? Tuhan menjawab ia. Seharusnya Daud bisa marah dan menuntut balas budi kepada penduduk Kehila yang tidak tahu berterima kasih, tetapi Daud akhirnya keluar dari kota itu dan bersembunyi di padang gurun Zif. Dipadang gurun ini, orang Zif pun ingin menyerahkan Daud kepada Saul. Tetapi karena pertolongan Tuhan maka Daud pun terluput dari Saul tepat pada waktunya. Tidak perlu menuntut balas atau dendam atas perlakuan mereka yang telah bersepakat berbuat jahat pada kita. Karena hal ini membuktikan bahwa bukan dari manusia datangnya pertolongan tetapi Tuhanlah Sang gunung batu keluputan umatNya.

Jangan berharap pada pertolongan manusia karena pertolongan yang sejati datangnya dari Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Samuel 23:28 "Maka berhentilah Saul mengejar Daud dan pergi menghadapi orang Filistin. Itulah sebabnya orang menyebut tempat itu: Gunung Batu Keluputan."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT