Devotion 609 : SIKAPNHATIBYANH78

Devotion 608 - Dr. Heintje Kobstan
SIKAP HATI YANG PENUH KEBERANIAN
Bacaan: 1 Samuel 17

Maka tampillah Goliat, seorang pendekar dari Filistin. Tingginya enam hasta sejengkal dengan perlengkapan perang yang luar biasa. Ia adalah seorang yang terlatih dalam pertempuran sejak dari mudanya. Goliat mengadakan intimidasi dengan kata-kata menantang pasukan Israel. Tetapi Saul dan seluruh tentara bahkan rakyat yang mengikuti dia, gemetar ketakutan mendengar ancaman perang Goliat. Mengapa harus takut kepada Goliat? Karena Tuhan tidak menyertai Saul dan barisan tentara Israel. Sehingga Saul sudah tidak lagi memiliki pengharapan dan keberanian dan hal ini menular kepada pasukan bahkan kepada rakyatnya.

Namun, hal yang berbeda ditunjukkan ketika Daud mendengar cemohan dari Goliat. Daud malah bertanya siapa si Goliat yang tidak bersunat yang berani-beraninya mencemooh barisan daripada Allah yang hidup. Daud tidak takut pada Goliat yang telah menghina TUHAN. Daud memiliki sikap hati yang penuh keberanian karena ia mempunyai pengalaman iman bersama TUHAN di padang penggembalaan. Singa dan beruang yang menganggu kambing dombanya pun dibunuh oleh Daud apalagi si Goliat. Daud sangat yakin bahwa TUHAN akan bekerja melalui hidupnya untuk mengalahkan Goliat  yang telah berani menghina TUHAN. Pentingnya hidup ini mempunyai pengalaman berjalan bersama TUHAN sehingga ketika tantangan datang, kita tidak takut karena kita mengenal siapa Allah itu. Ketakutan berasal dari sikap hati yang tidak percaya atau meragukan TUHAN dan hidup terpisah dariNya. Kepercayaan kepada TUHAN akan menimbulkan keberanian, dan dengan keberanian ini maka Daud pun bisa mengalahkan Goliat walau tanpa pedang.

Sikap hati yang penuh keberanian yang timbul karena beriman kepada TUHAN akan mengalahkan segala tantangan kehidupan.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Samuel 17:50 "Demikianlah Daud mengalahkan orang Filistin itu dengan umban dan batu; ia mengalahkan orang Filistin itu dan membunuhnya, tanpa pedang di tangan."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT