Devotion 621 - JIKA MASALAH MENJEPIT HIDUPMU

Devotion 621 - Dr. Heintje Kobstan
JIKA MASALAH MENJEPIT HIDUPMU
Bacaan: 1 Samuel 30

Dalam keadaan tertolak, Daud dan pasukannya kembali ke Ziklag. Mereka menempuh 3 hari perjalanan jauhnya untuk sampai di sana. Ternyata, Amalek telah menyerbu Ziklag, membakar dan menjarah kota itu. Para perempuan baik tua maupun muda beserta semua orang tidak dibunuh tapi ditawan dan dibawa pergi oleh mereka termasuk kedua istri Daud, Ahinoam perempuan Yisreel dan Abigail bekas istri Nabal. Maka Daud beserta pasukannya pun menangis dengan nyaring sampai mereka tidak kuat lagi untuk menangis.

Daud sangat terjepit karena rakyat yang pedih hati hendak melemparinya dengan batu. Dalam keadaan seperti itu, Daud tetap menguatkan kepercayaannya pada Tuhan dan kemudian mencari kehendak dan tuntunan Tuhan. Daud sadar kali ini ia tidak bisa mengatasi masalah ini sendirian, ia butuh Tuhan. Dan atas petunjuk Tuhan, maka Daud dapat mengalahkan orang Amalek dan membebaskan semua tawanan serta merampas harta mereka. Daud bukan saja mendapatkan kembali istri dan anak-anak mereka tetapi juga bonus jarahan yang kemudian dibagi rata baik kepada yang ikut berperang maupun tidak. Bahkan Daud mengirimkan sebagian jarahan itu kepada tua-tua di Yehuda dimana ia pernah tinggal dalam penggembaraannya. Jika seandainya kita diperhadapkan dengan masalah yang berat dan dalam situasi yang terjepit, bagaimana respon kita? Daud hanya menguatkan kepercayaannya pada Tuhan dan ia bertanya pada Tuhan apa yang harus dilakukannya. Dan pertolongan Tuhan sempurna atas Daud dan pasukannya.

Kuatkan kepercayaanmu kepada Tuhan dan mintalah tuntunanNya selalu jika engkau berada dalam masalah yang menjepit hidupmu.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Samuel 30:6 "Dan Daud sangat terjepit, karena rakyat mengatakan hendak melempari dia dengan batu. Seluruh rakyat itu telah pedih hati, masing-masing karena anaknya laki-laki dan perempuan. Tetapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada TUHAN, Allahnya."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT