Devotion 625 : MENGETAHUI KEBENARAN TETAPI MENGINGKARINYA

Devotion 625 - Dr. Heintje Kobstan
MENGETAHUI KEBENARAN TETAPI MENGINGKARINYA
Bacaan: 2 Samuel 3

Peperangan antara keluarga Daud dan keluarga Saul berlarut-larut. Tetapi pihak Daud semakin kuat sedangkan pihak Saul semakin lemah. Maka terjadilah perpecahan antara Abner dan Isyiboset, sehingga Abner mengalihkan dukungannya kepada Daud. Abner pun mengumpulkan para tua-tua Israel dan berbicara dengan mereka untuk mengangkat Daud, orang yang telah diurapi Tuhan untuk menjadi raja atas seluruh Israel. Dan Abner pun bertemu Daud untuk menyatakan dukungannya.

Daud sekalipun tidak ingin untuk berperang dengan keluarga Saul. Ia hanya menantikan waktu Tuhan untuk menggenapi rencanaNya atas hidupnya. Dan Tuhan sendiri yang berperkara dengan keluarga Saul. Isyiboset mencurigai Abner berhubungan dengan salah seorang gundik Saul yaitu Rizpa. Maka marahlah Abner dan menyatakan menarik dukungannya atas Isyiboset dan mengalihkannya kepada Daud. Ambisi Abner dikamuflase dengan menjadikan Isyboset sebagai raja boneka. Padahal yang sebenarnya adalah Abner ingin menjadi raja atas Israel. Dan dengan meniduri gundik Saul maka Abner telah menyatakan dirinya sebagai raja menggantikan Saul. Ambisi membuat Abner gelap mata, tetapi ambisi itu pula yang Tuhan pakai untuk menggenapi rencanaNya bagi Israel dan Daud. Abner tahu bahwa Daud telah diurapi Tuhan sebagai raja atas Israel, tetapi Abner mengingkarinya karena matanya dibutakan oleh ambisi kekuasaan. Abner merupakan contoh orang yang tahu kebenaran tetapi mengingkari kebenaran itu. Jangan meniru kehidupan Abner! Tetapi jadilah orang Kristen yang menghidupi kebenaran Tuhan.

Hidupilah kebenaran Tuhan bukan mengingkarinya apalagi mendahulukan ambisi kita yang bertentangan dengan kebenaran Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Samuel 3:9 "Kiranya Allah menghukum Abner, bahkan lebih lagi dari pada itu, jika tidak kulakukan kepada Daud seperti yang dijanjikan TUHAN dengan bersumpah kepadanya..."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT