Devotion 610 : KEBESARAN HATI

Devotion 610 - Dr. Heintje Kobstan
KEBESARAN HATI
Bacaan: 1 Samuel 19

Yonatan sangat mengasihi Daud dan berusaha untuk melindungi Daud. Mereka juga telah mengikat perjanjian persaudaraan. Yonatan menyuruh Daud untuk bersembunyi sampai amarah Saul untuk membunuh Daud surut. Disamping itu juga, Yonatan berusaha untuk menenangkan hati Saul supaya jangan membunuh Daud. Yonatan mengatakan yang baik tentang Daud dihadapan Saul, ia menyatakan bahwa mengapa harus membunuh orang yang tak bersalah dan juga yang telah mempertaruhkan nyawanya dan mengalahkan orang Filistin serta membawa kemenangan yang besar bagi seluruh Israel. Saul pun akhirnya bisa menerima Daud kembali.

Sikap Yonatan menggambarkan sikap seseorang yang mempunyai pandangan positif. Ia tidak iri pada Daud, tetapi justru membangun persaudaraan dengan Daud. Seharusnya sebagai putera mahkota, Yonatan bisa bersepakat dengan ayahnya untuk menyingkirkan Daud yang bisa mengambil takhta kerajaan dari Saul dan Yonatan. Tetapi Yonatan membela Daud di hadapan ayahnya sehingga Daud pun bisa kembali pada Saul. Yonatan memiliki kebesaran hati yang menempatkan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi. Sikap hati ini yang bisa mengelola konflik pribadi menjadi kebaikan dan kemenangan bersama. Saul tidak memiliki kebesaran hati sehingga selalu memandang Daud sebagai musuh atau saingannya. Karena Tuhan telah meninggalkan Saul maka yang menguasai hidupnya adalah roh jahat. Sehingga bukan kasih Tuhan yang menguasai hidupnya tetapi kejahatan. Kasih Tuhanlah yang akan membuat seseorang memiliki kebesaran hati.

Konflik atau perbedaan dapat dikelola dengan baik jika ada kebesaran hati didalamnya sehingga yang dihasilkan adalah kebaikan.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Samuel 19:6  "Saul mendengarkan perkataan Yonatan dan Saul bersumpah: "Demi TUHAN yang hidup, ia tidak akan dibunuh."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT