Devotion 619 : KEPADA SIAPA ENGKAU MENCARI PERTOLONGANMU?

Devotion 619 - Dr. Heintje Kobstan
KEPADA SIAPA ENGKAU MENCARI PERTOLONGANMU?
Bacaan: 1 Samuel 28

Saat orang Filistin mengerahkan tentaranua untuk berperang melawan Israel, maka Akhis berkata kepada Daud, bahwa ia harus menjadi pengawalnya sendiri sampai selamanya. Daud dan pasukannya harus berperang bersama Akhis. Dan pada saat itu, Samuel telah mati dan juga Saul telah menyingkirkan para pemanggil arwah dan roh peramal. Sedangkan tentara Filistin telah berkemah di dekat Sunem dan Israel berkemah di Gilboa. Ketika Saul melihat tentara Filistin itu, maka ia pun ketakutan dan gentar.

Dalam keadaan takut dan gentar, Saul bertanya kepada Tuhan tetapi Tuhan tak menjawabnya baik dengan mimpi, atau Urim, ataupun perantaraan para nabi. Kemudian dalam keadaan terjepit, Saul mengingat kembali tentang Samuel, sang nabi sejati yang nubuatannya selalu tepat. Tetapi Samuel telah mati dan Saul tidak dapat bertanya padanya. Meskipun demikian praktek nekromansi (bertanya pada arwah) masih juga terdapat di Israel walau dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Saul yang telah kehilangan pengharapan dan dalam keadaan yang sangat tertekan pun menyuruh orang mencari pemanggil arwah. Mereka pun ke En-Dor, dalam penyamarannya Saul meminta perempuan pemanggil arwah untuk memanggil arwah Samuel, padahal praktek ini telah dihapus olehnya sendiri dan Tuhan juga tidak berkenan akan praktek ini. Mari kita renungkan bersama, apakah yang akan kita lakukan ketika dalam keadaan terjepit, tak berdaya dan doamu tidak dijawab Tuhan? Apakah engkau akan tetap percaya dan berharap pada Tuhan atau mencari pertolongan pada dukun atau paranormal? Saul mengambil pilihan yang salah, seandainya dia memohon pengampunan dari Tuhan dan mencari Tuhan dengan sungguh-sungguh serta memohon belas kasihanNya, Tuhan pasti akan menjawab doanya. Saul selalu tidak sabar dalam menantikan jawaban doa dari Tuhan, ketidaksabaran ini membawanya ditolak oleh Tuhan.

Hanya ada dua hal ketika dalam keadaan terjepit, yaitu tetap mempercayai Tuhan atau mencari pertolongan di luar Tuhan! Pilihan kita akan menentukan masa depan kita.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Samuel 28:18 "Karena engkau tidak mendengarkan suara TUHAN dan tidak melaksanakan murka-Nya yang bernyala-nyala itu atas Amalek, itulah sebabnya TUHAN melakukan hal itu kepadamu pada hari ini."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT