Devotion 615 : PADA WAKTU TUHAN

Devotion 615 - Dr. Heintje Kobstan
PADA WAKTU TUHAN
Bacaan: 1 Samuel 24

Diberitahukanlah orang kepada Saul bahwa Daud ada di En-Gedi. Lalu pergilah Saul beserta 3000 orang terpilih untuk mencari Daud dan pengikutnya di gunung batu kambing hitam. Dalam pengejaran tersebut, Saul ingin buang hajat dan masuklah ia ke dalam gua, sedang Daud dan pengikutnya bersembunyi di bagian belakang gua itu. Pengikut Daud melihat ini suatu kesempatan untuk membunuh Saul karena ia lagi sendirian dan berada dalam keadaan paling lemah.

Jika mengikuti kata orang, bisa saja Daud langsung membunuh Saul. Tetapi Daud tidak kehilangan kepekaan atas pimpinan Tuhan. Walaupun kesempatan untuk membunuh Saul ada di depan mata, tetapi ia tidak mempergunakannya karena ia takut pada Tuhan. Daud tahu bahwa Tuhanlah yang mengangkat dan mengurapi Saul menjadi raja maka yang berhak menurunkannya adalah Tuhan juga. Jadi, Daud tidak sedang berusaha untuk mengambil alih tahta raja dari Saul. Akhirnya dengan ketakutan ia memotong ujung jubah Saul. Disisi Saul sebagai pemimpin, selalu merasa bahwa Daud ingin menggulingkannya. Saul juga iri terhadap hasil pekerjaan Daud dan suara rakyat yang memuji Daud. Bagi Saul tidak boleh ada 2 matahari dalam kerajaannya. Banyak orang yang seperti Saul yang selalu merasa ketakutan jika ada bawahan yang berpotensi dan berusaha untuk menghalangi mereka untuk berkarya. Namun, jika kita ada dalam posisi seperti Daud, jangan kecewa, tidak perlu dendam atau main hakim sendiri karena pelayanan atau pekerjaan adalah milik Tuhan dan kita harus mengerjakan dengan setia. Pada waktunya Tuhan akan mengangkat Daud lebih tinggi dan mulia dari Saul.

Semua pelayanan dan pekerjaan adalah milik Tuhan dan pada waktunya Tuhan akan menurunkan dan mengangkat seorang pemimpin yang berkenan padaNya.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Samuel 24:13 "TUHAN kiranya menjadi hakim di antara aku dan engkau, TUHAN kiranya membalaskan aku kepadamu, tetapi tanganku tidak akan memukul engkau"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT