Devotion 620 : KETIKA ENGKAU TERTOLAK

Devotion 620 - Dr. Heintje Kobstan
KETIKA ENGKAU TERTOLAK
Bacaan: 1 Samuel 29

Daud dan pasukannya ditolak bergabung dengan pasukan Filistin. Para panglima orang Filisin memarahi raja Akhis karena Daud. Mereka takut Daud akan berkhianat dan berbalik melawan pasukan Filistin. Padahal Akhis sangat mempercayai Daud tetapi kali ini, ia tak bisa membela Daud. Akhis harus menuruti keinginan para panglima untuk memulangkan Daud kembali ke kotanya walaupun Daud sempat memprotes tindakan tersebut kepada Akhis.

Penolakan tersebut merupakan kehendak Tuhan karena jika Daud diijinkan untuk berperang bersama Akhis, maka Daud akan menghadapi bangsanya sendiri. Daud akan berhadapan dengan Saul, raja yang diurapi Tuhan dan juga sebagai mertuanya, Yonatan yang telah mengangkatnya sebagai saudara, dan pasukan Israel dimana ia pernah menjadi panglimanya. Tuhan ingin meluputkan Daud dari tindakan menjadi pengkhianat bangsa yang akan dikenang dalam sepanjang sejarah Israel. Daud yang tanpa meminta nasihat Tuhan, kemudian mengambil keputusan untuk menjadikan Akhis sebagai pelindung bahkan bersumpah untuk menjadi pengawalnya sampai selamanya, kemudian yang akan menjadi musuh dari bangsanya sendiri. Inilah akibat dari keputusan yang salah yang telah diambil oleh Daud. Tetapi rencana Tuhan atas Daud tidak akan pernah gagal. Daud seharusnya bersyukur atas penolakan yang dialaminya karena itu telah membuatnya untuk tidak mengkhianati bangsanya sendiri. Jika kita pernah atau sedang mengalami penolakan baik dalam keluarga, lingkungan, pekerjaan bahkan pelayanan, ingatlah Daud! Maka kita menyadari bahwa dibalik setiap penolakan ada maksud Tuhan yang terbaik buat kita.

Jangan pahit hati ketika mengalami penolakan tetapi bersyukurlah karena Tuhan sedang melakukan yang terbaik buat kita.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Samuel 29:11 "Lalu bangunlah Daud dan orang-orangnya pagi-pagi untuk berjalan pulang ke negeri orang Filistin, sedang orang Filistin itu bergerak maju ke Yizreel."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT