Devotion 616 : SIKAP KITA MENENTUKAN HIDUP KITA

Devotion 616 - Dr. Heintje Kobstan
SIKAP KITA MENENTUKAN HIDUP KITA
Bacaan: 1 Samuel 25

Kematian telah mengakhiri kehidupan seorang hamba Tuhan yang setia. Kehidupan Samuel menggambarkan seorang hamba Tuhan yang memberikan teladan dalam hal integritas, kejujuran, kesetiaan, dan kemurnian moral dan berusaha melakukan kehendak Tuhan. Bahkan Tuhan sendiripun menyebutnya bersama dengan Musa. Dan seluruh orang Israel berkabung akan akan kematiannya. Tetapi perkabungan mereka hanya sebatas jasad masih terlihat, setelah itu merekapun melupakan Samuel dan kembali kepada kehidupan lama.

Pada waktu itu Daud pergi ke padang gurun Paran. Ada seorang pengusaha yang tinggal di Maon dan tempatnya bekerja terletak 1 mil di utara Karmel. Nama orang yang sangat kaya itu Nabal, istrinya adalah Abigail. Daud menyuruh 10 orang untuk pergi ke Nabal. Mereka disuruh Daud agar memberitahukan bahwa selama ini para gembala Nabal mendapatkan perlindungan dari mereka dan memohon belas kasihan dari Nabal. Tetapi Nabal malah menolak untuk peduli dan berbelas kasihan kepada Daud bahkan menghinanya. Nama ternyata bisa berpengaruh pada sikap seseorang, Nabal namanya dan beballah orangnya. Kekayaan Nabal telah membuat ia sombong, bebal dan kasar baik kepada istrinya maupun kepada orang lain. Sehingga Daud bersumpah untuk membunuhnya dan semua laki-laki yang ada padanya. Beruntunglah ia bahwa istrinya adalah seorang yang bijaksana yang akhirnya berhasil meredam kemarahan Daud sehingga Daud tidak melakukan perbuatan dosa. Ternyata sikap kita dapat menentukan kehidupan bahkan masa depan kita.

Bangunlah hubungan baik dengan orang di sekitar kita dan janganlah merendahkan mereka karena Tuhan dapat membuat mereka menjadi pelindung bagi kita.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Samuel 25:21 "Daud tadinya telah berkata: "Sia-sialah aku melindungi segala kepunyaan orang ini di padang gurun, sehingga tidak ada sesuatu pun yang hilang dari segala kepunyaannya; ia membalas kebaikanku dengan kejahatan."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT