Devotion 623 : PENGHORMATAN KEPADA SETERU

Devotion 623 - Dr. Heintje Kobstan
PENGHORMATAN KEPADA SETERU
Bacaan: 2 Samuel 1

Daud tidak mengetahui kabar kematian Saul dan Yonatan serta kekalahan Israel sampai pada hari ketiga ia ada di Ziklag setelah dari pengejaran terhadap orang Amalek. Ada seorang tentara Saul, seorang Amalek yang datang kepada Daud dan memberitakan kabar kematian Saul dan Yonatan. Dan orang Amalek ini menceritakan cara matinya Saul dan dia ikut berperan dalamnya. Maka Daud dan semua orang yang bersama Dia meratapi, menangis dan berpuasa sampai matahari terbenam karena Saul, Yonatan dan semua rakyat yang ikut gugur dalam pertempuran.

Sebenarnya Daud bisa saja bersukacita atas kematian Saul orang yang ingin membunuhnya dan yang menghalanginya menjadi raja atas Israel. Tapi yang dilakukan Daud bertolak belakang, ia bahkan membunuh orang yang membawa kabar buruk itu karena telah mengaku membunuh Saul atas permintaan Saul sendiri. Tak terbersit keinginan Daud untuk membalas Saul meskipun beberapa kali ada kesempatan untuk melakukan hal itu. Daud sangat menghormati dan mengasihi Saul orang yang diurapi Tuhan dan Yonatan. Daud sangat kehilangan orang yang telah memberikannya kesempatan untuk menjadi seorang pahlawan yang mengalahkan Goliat. Ia menghormati Saul karena Saul adalah ayah mertuanya, dan hukum Taurat berkata hormatilah orang tuamu. Daud juga meratapi Yonatan, orang yang sangat mengasihinya dan yang menjadi pembelanya disaat Saul ingin membunuhnya. Dalam hidup ini akan ada Saul-Saul dan Yonatan-Yonatan. Akankah kita bisa bersikap seperti Daud yang tetap menghormati dan mengasihi Saul dan Yonatan, walaupun Saul telah menghalangi Daud untuk berkembang dan merencanakan keburukan atas hidupnya?

Tetaplah menghormati mereka yang telah berjasa dalam hidup kita walau mungkin mereka pula yang telah menghalangi kita untuk berkembang bahkan merencanakan keburukan bagi kita.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Samuel 1:17 "Daud menyanyikan nyanyian ratapan ini karena Saul dan Yonatan, anaknya"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT