Devotion 242 : KEJARLAH KASIH

Devotion 242 - Dr. Heintje Kobstan
KEJARLAH KASIH
Bacaan: 1Korintus 14

Kejarlah aku maka kau pun kutangkap!

Paulus berkata, "Kejarlah kasih". Apakah kasih itu kemudian berlari menjauhi kita sehingga kita harus mengejarnya untuk mendapatkannya? Sama seperti ungkapan mengejar matahari, mengejar impian, menggapai cita dan lain sebagainya. Apakah kemudian orang mengejar matahari dan kemudian mendapatkannya? Matahari tetap ada disana tak lari atau tak sembunyi. Maksudnya marilah kita dengan segala usaha yang kita lakukan, dapatkanlah kasih. Kasih itu tetap ada disana, kitalah yang harus berusaha untuk mendatanginya.

Mengapa harus ada usaha yang keras? Karena untuk mendapatkan kasih ada banyak tantangan dan hambatan. Jemaat di Korintus adalah jemaat yang luar biasa, karunia-karunia Roh Kudus bekerja dengan dahsyat. Kemungkinan mulai banyak yang menyombongkan diri dengan karunia mereka dan menganggap karunia yang mereka miliki lebih baik dari karunia orang lain. Kesombongan merupakan faktor penghalang bagi kita untuk mendapatkan kasih itu.

Dalam pasal sebelumnya dengan jelas Paulus menegaskan, karunia tanpa kasih tidak akan berguna karena hanya akan membuat kita menjadi sombong dan meremehkan anggota tubuh Kristus yang lainnya. Kasih akan membuat kita menjadi rendah hati dan bisa menerima yang lainnya tanpa membandingkan keutamaan dari karunia-karunia Roh Kudus. Sebaiknya terlebih dahulu yang kita kejar adalah kasih bukan karunia Roh. Ketika kita sudah hidup dalam kasih Allah, maka karunia Roh akan bertumbuh dengan baik.

Kasih adalah karakter Allah itu sendiri. Kasihlah yang membuat karunia-karunia Roh dapat membangun jemaat dalam kebersamaan. Tanpa kasih, karunia-karunia Roh bisa membuat jemaat hidup dalam perpecahan. Kejarlah kasih dan kemudian usahakanlah mendapatkan karunia Roh terutama karunia bernubuat.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Korintus 14:1 "Kejarlah kasih itu dan usahakanlah dirimu memperoleh karunia-karunia Roh, terutama karunia untuk bernubuat."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT