Devotion 724 : WAKIL TUHAN

Devotion 724 - DR. Heintje Kobstan
WAKIL TUHAN
Bacaan: 2 Tawarikh 2

Ketika Tuhan menjadikan manusia dan memberikan mandat ilahi agar manusia berkembang biak, beranak cucu, penuhi bumi dan menaklukkan segala ciptaanNya maka didalam mandat ilahi tersebut terkandung suatu maksud abadi Tuhan. Mandat ilahi ini menjadikan manusia sebagai wakil Tuhan dimuka bumi ini. Maksud abadi Tuhan ini adalah keinginanNya untuk berdiam ditengah-tengah manusia, didalam baitNya dan memerintah sebagai Raja di atas muka bumi ini.

Daud menangkap maksud abadi Allah ini, tetapi Daud menerjemahkannya dengan keinginan untuk membangun bait suci. Tetapi Tuhan berkehendak bukan Daud yang akan mendirikan rumah kediamanNya tetapi Salomo, anak Daud yang telah dipilih Tuhan sebagai raja. Salomo melanjutkan usaha Daud untuk mendirikan rumah bagi Tuhan dengan meminta bantuan raja Huram dari Tirus yang adalah sahabat Daud. Karena Salomo secara sadar tidak dapat bekerja sendiri tetapi ia butuh bantuan tenaga ahli, lalu raja Tirus mengirimkan Huram Abi, anak dari seorang perempuan Dan sedang ayahnya adalah orang Tirus. Salomo menginginkan sebuah rumah yang besar bagi Tuhan, karena Tuhan Allah Israel lebih besar dari segala allah. Allah yang besar berkeinginan untuk berdiam dalam bait atau rumah. Bangunan fisik memang perlu, tetapi yang Tuhan inginkan sejak awal manusia diciptakan adalah berdiam diantara ciptaanNya yang merupakan perwakilanNya dimuka bumi ini. Lewat ciptaanNya, Dia memerintah sebagai Raja. Dan hal ini akan terjadi jika ciptaanNya memberi kehidupannya agar didiami Allah yang besar. Allah yang diam dan bergerak dalam kehidupan setiap orang percaya sebagai wakilNya dimuka bumi untuk menyatakan Kerajaan Allah dan menghancurkan kerajaan kegelapan. Semakin banyak manusia yang percaya kepada Tuhan dan menjadikan hidupnya sebagai bait Allah maka semakin luas pengaruh Kerajaan Allah dan semakin sempit kerajaan kegelapan. Dan pada akhirnya, Kerajaan Allah akan ditegakkan selama-lamanya dimuka bumi ini dan kerajaan kegelapan akan tersingkirkan selama-lamanya.

Setiap orang percaya adalah perwakilan Tuhan di muka bumi ini yang ditugaskan untuk memperluas Kerajaan Allah dan menghancurkan kegelapan.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Tawarikh 2:5 "Dan rumah yang hendak kudirikan itu harus besar, sebab Allah kami lebih besar dari segala allah."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT