Devotion 719 : TUGAS DAN IBADAH

Devotion 719 - DR. Heintje Kobstan
TUGAS DAN IBADAH
Bacaan: 1 Tawarikh 26

Orang Lewi telah dikhususkan untuk melayani di bait Allah. Mereka dibagi dalam beberapa tugas, yaitu: penjaga pintu, menjaga gudang peralatan dan perlengkapan juga mengurus perkakas ibadah, dan tugas-tugas lain yang berkenaan dengan ibadah dan juga mencakup urusan musik. Pintu-pintu gerbang dijaga oleh tiga keluarga. Kedua keluarga pertama adalah dari suku Lewi, dan Obed-Edom adalah seorang Gat. Dirumah Obed-Edom pernah disimpan tabut Tuhan, dan kehidupan mereka diberkati Tuhan luar biasa. Obed-Edom dan seluruh keluarganya melayani Tuhan di bait Allah. Ia bertugas di pintu gerbang dan anak-anaknya bertugas di gudang perlengkapan.

Mereka yang bertugas sebagai penjaga pintu gerbang bukanlah petugas asal-asalan. Mereka adalah orang gagah perkasa (ayat 7,9), karena apa yang mereka kerjakan adalah amat penting. Mereka harus memastikan bahwa tidak ada orang yang luput masuk ke dalam Bait Allah dengan keadaan tidak layak atau menyebabkan ibadah Bait Allah ternodai. Selain itu untuk tugas pengawasan perbendaharaan di bait Allah dibagi dalam 2 bagian yaitu: pengawasan bagi perabotan di bait Allah dan pengawasan terhadap harta benda (jarahan atau rampasan perang) yang dikuduskan di bait Allah. Tugas yang ketiga adalah yang menyangkut administrasi pemerintahan yang dikerjakan oleh orang Lewi. Hal ini tidak ada hubungannya dengan bait Allah tetapi berkenaan dengan para pengatur, hakim, dan, kepala administratif daerah. Tugas ini merupakan tugas sekuler bukan hal yang rohani bagi orang Lewi. Jadi orang Lewi tidak hanya mengerjakan tugas kerohanian saja tetapi juga tugas sekuler. Sekuler dan rohani seharusnya tidak dipisahkan, karena melalui tugas sekuler nilai-nilai kerohanian dinyatakan keluar. Jadi, apapun yang dikerjakan itu adalah suatu ibadah kepada Tuhan dan untuk memuliakan namaNya. Karena apapun yang kamu lakukan, lakukanlah itu seperti untuk Tuhan.

Semua tugas dan pekerjaan haruslah dilakukan dengan sebaik-baiknya seperti untuk Tuhan bukan untuk manusia.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Tawarikh 26:12 "Rombongan-rombongan para penunggu pintu itu, yang dibagi menurut kepala kaum, mempunyai tugas melayani di rumah TUHAN, sama seperti saudara-saudara sesuku mereka."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT