Devotion 707 : MENANG KARENA PENYERTAAN TUHAN

Devotion 707 - DR. Heintje Kobstan
MENANG KARENA PENYERTAAN TUHAN
Bacaan: 1 Tawarikh 14

Sejarah merupakan salah satu bahan pembelajaran untuk kehidupan yang lebih baik. Karena itu, penulis kitab Tawarikh mencatat kembali tentang kisah kehidupan Daud, raja Israel. Pada pasal sebelumnya, penulis menyajikan bagaimana Daud diurapi sebagai raja Israel beserta semua pahlawan yang menyertainya. Pada pasal ini, penulis mengetengahkan tantangan yang dihadapi Daud sebagai raja. Dan bagaimana penyertaan Tuhan ketika ia menghadapi tantangan-tantangan itu.

Bagaimana Daud tahu bahwa ia disertai Tuhan? Hal ini bisa terlihat ketika Raja Hiram dari Tirus digerakkan Tuhan untuk mengirimkan utusan dan kayu aras serta tukang batu dan tukang kayu untuk mendirikan istana bagi Daud. Maka tahulah Daud bahwa Tuhan telah menegakkan dirinya sebagai raja Israel, dan martabat pemerintahannya terangkat tinggi karena Israel umatNya. Begitu juga ketika orang Filistin maju memerangi Daud karena Daud telah menjadi raja dan merupakan ancaman terbesar bagi Filistin sehingga merekapun menyerang Israel. Tetapi sebelum Daud menghadapi mereka, hal pertama yang dilakukannya adalah bertanya kepada Tuhan apa yang harus dilakukannya. Dan Tuhan memberikan strategi perang kepada Daud dan ia meraih kemenangan atas Filistin. Lalu termasyhurlah nama Daud di segala negeri, dan TUHAN mendatangkan rasa takut kepadanya atas segala bangsa. Ini adalah bukti penyertaan Tuhan atas Daud dan ini adalah pembelajaran sejarah bagi mereka yang kembali dari pembuangan bahwa Tuhan pun menyertai dan akan memberikan kemenangan kepada mereka. Hal yang sama juga ketika kita belajar kebenaran Tuhan, maka Tuhan pun akan menyertai kehidupan kita dan membawa kita ke jalan kemenanganNya.

Penyertaan Tuhan akan membawa hidup kita berkemenangan.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Tawarikh 14:17 "Lalu termasyhurlah nama Daud di segala negeri, dan TUHAN mendatangkan rasa takut kepadanya atas segala bangsa."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT