Devotion 711 : PRIBADI YANG DAPAT DIANDALKAN

Devotion 711 - DR. Heintje Kobstan
PRIBADI YANG DAPAT DIANDALKAN
Bacaan: 1 Tawarikh 18

Sesudah kematian Saul pada tahun 1010 sM, maka Daud ditahbiskan sebagai raja atas suku Yehuda di Hebron. Dan tahun 1003 sM, Daud menjadi raja atas seluruh Israel. Sebelum ia menjadi raja atas seluruh Israel, Daud pernah ditolak menjadi raja atas seluruh Israel selama tujuh tahun setengah, karena Isyboset putra Saul telah dinobatkan menjadi raja atas suku-suku utara dan timur. Tetapi akhirnya seluruh tua-tua Israel dan seluruh suku bahkan para pasukan Israel mendatangi Daud di Hebron dan menjadikan dia raja seperti perintah Tuhan kepada Samuel.

Daud tidak menjadi sakit hati karena penolakan tersebut, malah ia mengasihi Mefiboset anak Yonatan keturunan Saul. Tetapi Ketika Daud menjadi raja atas seluruh Israel, Tuhan menyertainya dalam setiap pertempuran dan memberikan kemenangan kepadanya. Di barat ia menang melawan orang Filistin (ay. 1); di bagian timur terhadap orang Moab (ay. 2); di utara melawan Aram (ay. 3-11) dan di selatan melawan Edom  (ay. 12, 13). Kemenangan-kemenangan itu memaksa juga Zoba untuk mengakui kekuasaan Daud. Momen ini sedemikian penting dalam sejarah Israel, sebab sejak saat itu, bangsa ini benar-benar berhasil menaklukkan musuh-musuhnya. Kemenangan-kemenangan tersebut menyatakan diraih oleh seorang pemimpin yang sungguh memuliakan Tuhan. Daud telah menjadi raja yang sangat berkuasa dan kaya raya karena memperoleh rampasan harta benda dari setiap perang yang ia menangkan. Kekayaan ini bukan untuk pribadinya sendiri tetapi ia mempersiapkannya untuk pembangunan bait Allah kelak yang akan dibangun oleh keturunannya. Daud adalah pribadi yang mengetahui tentang keberadaan dirinya, ia pernah ditolak, disingkirkan bahkan dikejar-kejar mau dibunuh tetapi pengharapan dan imannya kepada Tuhan tak pernah surut. Ia adalah pribadi yang tetap mengandalkan Tuhan disegala musim kehidupan sehingga kemanapun ia pergi maka kemenangan dan kemuliaan menjadi bagiannya.

Miliki pengharapan dan iman kepada Tuhan disegala musim kehidupan karena Ia adalah pribadi yang sangat dapat diandalkan.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Tawarikh 18:13 "Lalu ia menempatkan pasukan-pasukan pendudukan di Edom, sehingga seluruh Edom diperbudak oleh Daud. TUHAN memberi kemenangan kepada Daud ke mana pun ia pergi berperang."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT