Devotion 698 : YANG TERLUPAKAN DIINGAT KEMBALI

Devotion 698 - DR. Heintje Kobstan
YANG TERLUPAKAN DIINGAT KEMBALI
Bacaan: 1 Tawarikh 5

Alkitab juga mencatat tentang suku Simeon, suku yang paling sedikit dan tidak memiliki peran sehingga cenderung dilupakan. Tetapi penulis kitab Tawarikh mengangkat kembali suku ini, dari yang terlupakan diingat kembali. Setelah pasca pembuangan maka identitas suku Simeon ini diteguhkan kembali dan mengambil peran, hak dan tanggung jawab penuh sebagai umat Allah dalam pemulihan. Karena itu Tuhan tidak akan pernah melupakan suku ini, tanah dan hak mereka ditegakkan kembali. Harkat dan martabat suku Simeon sebagai bangsa pilihan Tuhan diteguhkan kembali dan dalam proses pemulihan sepenuhnya.

Kemudian dilanjutkan dengan keadaan suku-suku yang berada di seberang sungai Yordan. Suku-suku yang berada di seberang sungai Yordan juga cenderung dilupakan karena terpisah secara geografis. Suku-suku itu adalah suku Ruben, Gad dan setengah suku Manasye. Pasal ini didasarkan pada catatan pra pembuangan yang masih ada dan atau kemudian dilakukan sensus pasca pembuangan. Walau Ruben telah kehilangan hak kesulungan karena dosa, dan hak itu dialihkan kepada suku Yusuf dan tongkat kepemimpinan dialihkan ke suku Yehuda. Dan keturunannya diangkut sebagai buangan oleh Tiglath Pileser tetapi batas-batas tanah dan daerah rebutan mereka jelas tercatat oleh penulis Tawarikh. Begitu juga dengan suku Gad yang hanya berperan sedikit saja dalam sejarah Israel tetapi daerah mereka tercatat dengan baik. Mereka juga dicatat dalam silsilah pada jaman Yerobeam, raja Israel dan Yotam, raja Yehuda. Setengah dari suku Manasye menempati daerah-daerah yang telah ditetapkan dan jumlah mereka pun sudah sangat banyak. Tetapi ketika suku-suku ini berubah setia kepada Tuhan, maka Tiglath Pilser, raja Asyur mengangkat mereka ke pembuangan. Walau mereka jatuh ketangan asing tetapi penulis mengharapkan agar mereka mengalami pemulihan. Mereka yang terlupakan ini kembali diteguhkan keberadaannya karena tanpa mereka pemulihan secara holistik tidak akan sempurna. Ini juga merupakan gambaran umat Tuhan, mereka yang sering terlupakan dan tidak dianggap akan diteguhkan kembali karena setiap umat Tuhan adalah bagian penting dari tubuh Kristus. Yang terlupakan atau tersingkirkan akan dipulihkan kembali.

Umat Tuhan yang terlupakan dan tidak dianggap oleh manusia akan dipulihkan dan ditegakkan kembali.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Tawarikh 5:22 "Banyak orang yang tewas karena mati terbunuh, sebab pertempuran itu adalah dari pada Allah. Lalu mereka menduduki tempat orang-orang itu sampai waktu pembuangan."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT