Devotion 722 : KETERLIBATAN JEMAAT

Devotion 722 - DR. Heintje Kobstan
KETERLIBATAN JEMAAT
Bacaan: 1 Tawarikh 29

Salomo telah ditetapkan Tuhan untuk menggantikan Daud sebagai raja. Daud juga sudah menahbiskan Salomo sebagai raja dan orang yang akan melaksanakan pembangunan itu di depan para pembesar Israel. Tetapi Daud juga meminta dukungan dari semua pembesar dan rakyat Israel untuk ikut menyumbang dalam pembangunan bait Allah dari apa yang masih kurang dari semua yang telah disiapkan Daud. Mengapa Daud perlu meminta dukungan tersebut? Karena Salomo masih muda dan kurang berpengalaman, dan juga menunjukkan komitmen Daud untuk mendukung pembangunan ini dari perbendaharaan istana dan pribadi Daud sendiri, Daud juga meminta agar umat Israel yang sudah diberkati ikut juga memberi atau menabur.

Daud menggugah kesadaran mereka bahwa semua yang mereka miliki adalah bersumber dari Tuhan. Sehingga para kepala suku, kepala puak, para kepala pasukan, dan para pemimpin pekerjaan ikut menabur. Sebenarnya dari apa yang disiapkan Daud sudah dapat memenuhi pembangunan bait Allah tetapi Daud ingin agar seluruh umat diberi kesempatan ikut terlibat juga. Bukan untuk mendukung proyek itu tetapi lebih kepada melayani Tuhan dengan harta benda yang dipercayakan Tuhan kepada mereka. Sehingga ketika mereka melihat keteladanan Daud, maka dengan hati yang tulus dan rela serta hati yang penuh sukacita, mereka ikut memberi bagi pembangunan bait Allah. Kepemimpinan adalah untuk mempengaruhi jemaat agar terlibat dalam pelayanan kepada Tuhan dalam berbagai hal. Sehingga dengan demikian, jemaat dapat melayani Tuhan dengan apa yang ada pada mereka sebagai rasa ungkapan syukur dan sukacita karena Tuhan telah memberkati mereka.

Pelayanan kepada Tuhan bukan hanya milik kita sendiri tetapi juga orang percaya lainnya sehingga mereka pun perlu dilibatkan juga.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Tawarikh 29:9 "Bangsa itu bersukacita karena kerelaan mereka masing-masing, sebab dengan tulus hati mereka memberikan persembahan sukarela kepada TUHAN; juga raja Daud sangat bersukacita."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT