Devotion 697 : DOA YANG DIJAWAB TUHAN

Devotion 697 - DR. Heintje Kobstan
DOA YANG DIJAWAB TUHAN
Bacaan: 1 Tawarikh 4

Kali ini penulis mau membahas keturunan Yehuda dari cabang lain. Sementara keturunan ini dibahas, maka muculah nama Yabes. Perez yang merupakan leluhur Daud, mendapatkan peninggian dari penulis kitab ini. Sedangkan kisah tentang Yabes ini muncul karena keunikan namanya yang bermasalah. Sepertinya kisah Yabes hanya dimasukkan secara paksa dalam keturunan Yehuda. Memang tidak secara jelas dijabarkan hubungan antara nama-nama yang ada dalam ayat-ayat 8-20, tetapi apapun yang telah dituliskan dalam Alkitab pasti ada maksud Tuhan didalamnya.

Nama Yabes dikatakan lebih dimuliakan dibandingkan saudara-saudaranya karena namanya tidak mengungkapkan karakternya tetapi proses dari kelahirannya. Nama Yabes berarti kesakitan, karena sewaktu ia dilahirkan kesakitan yang amat sangat dialami oleh ibunya. Kemungkinan penderitaan yang dialami ibunya dapat membawa kepada kematian. Tetapi Yabes dimuliakan lebih dari saudara-saudaranya karena doanya yang dijawab Tuhan. Apa yang menjadi doa Yabes? Mengapa Tuhan menjawab doanya? Doa ini kemudian menjadi terkenal dan banyak ditiru oleh orang Kristen masa kini. Yabes berdoa agar Tuhan memberkati hidupnya dan memperluas wilayahnya. Kehendak Tuhan agar umatNya hidup dalam berkat-berkatNya sehingga melalui berkat-berkat itu Kerajaan Allah dapat diperluas dimuka bumi. Yabes juga berdoa agar Tuhan menyertai hidupnya dan melindunginya dari segala malapetaka sehingga kesakitan tidak menimpa hidupnya. Bahwa Tuhan adalah Imanuel, Allah yang menyertai hidup kita senantiasa karena Ia ada dan manunggal dengan kita. Sewaktu kita menerima Yesus Kristus Tuhan sebagai Tuhan dan Juruselamat hidup kita maka Tuhan ada dalam hidup kita dan kita ada didalamNya. Dan orang yang duduk dalam lindungan Tuhan dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa akan berkata bahwa Tuhan tempat perlindungan dan kubu pertahanan, Allah yang dapat dipercayai karena memelihara dan melindungi umatNya dari segala malapetaka. Jadi Yabes berdoa sesuai dengan kehendak Allah sehingga doanya mendapatkan jawaban. Tidak ada yang kebetulan tentang Yabes, Tuhan ingin agar umatNya belajar bagaimana berdoa sesuai dengan kehendak Tuhan. Karena doa seperti ini, yang sesuai dengan kehendak Tuhan yang akan dijawab oleNya.

Doa yang sesuai kehendak Tuhan akan mendapatkan jawaban.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Tawarikh 4:10 (TB)  Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: "Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!" Dan Allah mengabulkan permintaannya itu."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT