Devotion 702 : KEGAGALAN BUKAN BERARTI GAGAL TOTAL

Devotion 702 - DR. Heintje Kobstan
KEGAGALAN BUKAN BERARTI GAGAL TOTAL
Bacaan: 1 Tawarikh 9

Ayat pertama dalam pasal ini merupakan penutup dari pasal 1-8 dalam kitab ini yang menjelaskan mengapa orang-orang Yehuda berada dalam pembuangan. Mereka dibuang karena perbuatan mereka yang tidak setia pada Tuhan. Lalu kemudian ayat selanjutnya menjelaskan yang mendiami atau menetap kembali di kota-kota pertama kali adalah orang Israel awam, para imam, orang-orang Lewi, dan para budak dibait Allah. Yang tinggal di Yerusalem pada saat itu adalah dari bani Yehuda, bani Benyamin, bani Efraim dan bani Manasye. Yehuda dan Benyamin adalah bagian dari kerajaan Yehuda sedangkan Efraim dan Manasye merupakan bagian dari kerajaan Israel. Dengan mengungkapkan keadaan 4 suku dalam 1 kota, berbicara tentang kesatuan 2 kerajaan yang seharusnya terjadi bukan perpecahan.

Mengapa hanya orang-orang Israel awam, para imam, orang-orang Lewi dan para budak bait Allah yang pertama mendiami kembali kota-kota Israel? Karena penyimpangan maka Israel dan Yehuda harus mengalami pembuangan. Karena itu, setelah kembali dari pembuangan maka hal yang pertama yang harus dilakukan adalah pemulihan ibadah kepada Tuhan. Dengan diperincikan daftar keturunan awal dan tugas-tugas mereka sebelum pembuangan maka jelaslah penekanan akan ibadah kepada Allah menjadi yang utama dan seharusnya tak terpisahkan dari kehidupan Israel. Lalu kemudian dijelaskan silsilah Saul yang merupakan pengantar akan kisah kematiannya yang tragis sebagai raja Israel pertama. Tetapi dibagian lain, selain suku Yehuda, suku Benyamin juga mempunyai peran istimewa dalam perkembangan Israel sebagai kerajaan. Hal ini terjadi karena raja pertama Israel yaitu Saul berasal dari suku Benyamin sehingga perlu diberikan penghargaan khusus. Namun Saul yang gagal menaati kehendak Tuhan digantikan oleh Daud yang berkenan kepada Tuhan. Israel yang tidak setia kepada Tuhan dan harus mengalami pembuangan kini telah kembali dan mengalami pemulihan. Dan hal yang harus dipulihkan terlebih dahulu adalah ibadah kepada Tuhan. Kegagalan Israel bukan berarti kegagalan bagi rencana Tuhan untuk ditegakkan kembali kerajaan Allah dimuka bumi ini.

Tuhan tak pernah gagal dalam rencanaNya sekalipun umatNya gagal menaati kehendakNya.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Tawarikh 9:2 'Dan orang-orang yang mula-mula menetap kembali di tanah-tanah milik mereka, di kota-kota mereka, ialah orang Israel awam, para imam, orang-orang Lewi dan para budak di bait Allah."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT