Devotion 701 : GENERASI TERBAIK DAN TERHORMAT

Devotion 701 - DR. Heintje Kobstan
GENERASI TERBAIK DAN TERHORMAT
Bacaan: 1 Tawarikh 8

Dalam pasal ini, dicatat tentang daftar keluarga suku Benyamin yang dikelompokkan berdasarkan daerah tempat tinggalnya. Penulis mengelompokkan daerah tempat tinggal suku Benyamin dalam 4 kelompok, yaitu Geba. Dengan dimasukkan daerah Geba, menyatakan bahwa setelah pembuangan Geba tetap menjadi milik suku Benyamin; Moab, Ono, Lot dan Gat. Penyebutan 4 nama tempat ini mensahkan kepemilikan suku Benyamin atas wilayah-wilayah tersebut; Yerusalem. Sebagian dari suku Benyamin telah kembali ke Yerusalem, dan mereka diharapkan memiliki peranan besar dalam pemulihan umat Allah.

Dan tempat yang berhubungan dengan Yerusalem, dimana disebut tentang Yeil, bapa (pendiri) Gibeon. Daftar ini juga menyebutkan Kisy dan Saul, raja pertama Israel. Lalu, disebutkan pula Yonatan, sahabat karib Daud, dan Meribaal (Mefiboset) yang dikasihi Daud. Dalam pasal ini, banyak mencatat tentang banyak orang perkasa dan banyak keturunan. Penyebutan para leluhur yang terhormat membuat suku Benyamin harus dihormati. Suku Benyamin sangat berharga dalam bidang pertahanan. Karena dalam pasal ini ditunjukkan sumbangan militer mereka dan tanda berkat Allah. Jadi, selain suku Yehuda dan Lewi, suku Benyamin dianggap istimewa oleh penulis kitab Tawarikh. Karena dari suku Benyamin banyak memberikan kontribusi dalam kemiliteran dan orang-orang yang gagah perkasa. Bahkan juga beberapa pembangunan kota-kota yang dilakukan setelah pembuangan. Dengan disebutkan orang-orang yang gagah perkasa yang telah membuat suku Benyamin terhormat menjadi pelajaran bagi setiap generasi. Bahwa setiap generasi bertanggung jawab untuk melakukan yang terbaik sehingga generasi itu bisa dikenang dan diteladani oleh generasi sesudahnya. Dan juga penghormatan kepada generasi sebelumnya atas jasa dan perbuatan mereka ditekankan dalam pasal ini. Marilah kita berkontribusi dengan melakukan yang terbaik di generasi kita sehingga menjadi teladan bagi generasi berikutnya serta tetap menghormati generasi yang sebelumnya atas karya dan sumbangsihnya bagi generasi kita.

Jadikan generasi kita terbaik dan terhormat serta menjadi teladan bagi generasi sesudahnya, tetapi juga tetap menghormati generasi sebelumnya.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Tawarikh 8:40 "Anak-anak Ulam itu adalah orang-orang berani, pahlawan-pahlawan yang gagah perkasa, pemanah-pemanah; anak dan cucu mereka banyak: seratus lima puluh orang. Mereka semuanya itu termasuk bani Benyamin."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT