Devotion 708 : MEMPERBAIKI KESALAHAN MASA LALU

Devotion 708 - DR. Heintje Kobstan
MEMPERBAIKI KESALAHAN MASA LALU
Bacaan: 1 Tawarikh 15

Pada jaman Ezra, ketika Israel kembali dari pembuangan maka Yerusalem merupakan tempat atau pusat peribadatan daripada ibukota kerajaan. Bahkan sampai pada hari ini, kota Yerusalem adalah kota tempat peribadatan. Karena ditinjau dari sudut sejarah, bahwa keinginan Daud untuk dapat membangun bait Allah akhirnya terwujud melalui Salomo anaknya. Karena keinginan Daud agar tabut Allah mempunyai tempat yang layak, bukan hanya diam di kemah sedangkan Daud sendiri berdiam dalam istana yang megah. Daud begitu mencintai hadirat Tuhan dan tidak ingin jauh dariNya.

Sehingga karena kecintaanNya pada hadirat Allah yang dilambangkan melalui tabut Allah maka ia pun merencanakan kembali untuk membawa tabut itu ke Yerusalem. Daud belajar dari malapetaka yang terjadi pada Uza ketika ia memindahkan tabut Tuhan dari Kiryat-Yearim. Dan karena itu, tabut Tuhan ditaruh di rumah Obed-Edom. Daud belajar dari kesalahannya yang tidak menanyakan Tuhan dan bertindak dengan kemauan sendiri. Maka kali ini, ia bertanya pada Tuhan dan melibatkan seluruh suku, para imam dan orang Lewi. Daud berusaha untuk mengikuti seluruh peraturan Tuhan yang telah dinyatakan kepada Musa. Bahkan Daud menyuruh para imam dan orang Lewi untuk menguduskan diri. Daud juga melibatkan para pemuji dan pemusik dalam prosesi pemindahan tabut itu. Dan ketika semua sudah siap, dan para Lewi telah mengangkat tabut Tuhan maka Daud juga mempersembahkan korban bakaran. Bukan itu saja, Daud begitu bersukacita sampai ia menari-nari di hadapan tabut tanpa mempedulikan status dan kedudukannya. Daud belajar dari kesalahannya dan ia juga mau mengikuti segala peraturan yang telah ditetapkan Tuhan melalui Musa bahkan ia juga mempersiapkan segala sesuatu dan melakukan yang terbaik untuk Tuhan. Maka tabut itu akhirnya berpindah dari rumah Obed-Edom ke Yerusalem dalam kemah Daud.

Orang yang belajar dari kesalahan dan belajar memperbaikinya akan dapat melakukan yang terbaik dari kehidupannya.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Tawarikh 15:2 "Ketika itu berkatalah Daud: "Janganlah ada yang mengangkat tabut Allah selain dari orang Lewi, sebab merekalah yang dipilih TUHAN untuk mengangkat tabut TUHAN dan untuk menyelenggarakannya sampai selama-lamanya." 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT