Devotion 704 : SUPERTEAM

Devotion 704 - DR. Heintje Kobstan
SUPERTEAM
Bacaan: 1 Tawarikh 11

Sebelum Saul mati, Samuel telah mengurapi Daud menjadi raja atas Israel atas perintah Tuhan. Tetapi 20 tahun kemudian seluruh suku meminta Daud untuk menjadi raja mereka. Tetapi Daud mengadakan perjanjian, dengan mendirikan kerajaan yang konstitusional yang unik. Perjanjian ini dibuat dihadapan Tuhan, komitment untuk tetap setia kepada Allah dan Daud. Dan kemudian mereka mengurapi Daud, sesuai firman Tuhan yang diberikan Tuhan kepada Samuel.

Tindakan pertama yang dilakukan oleh Daud ialah pergi ke Yerusalem yang diduduki orang Yebus. Daud merebut kubu pertahanan Zion, itulah kota Daud. Dan Yoab menjadi panglima karena mengalahkan Yebus. Lalu Daud membentengi dan memperkuat Yerusalem. Tindakan ini tidak hanya memberinya sebuah kota yang tidak dapat diserang, tetapi juga sebuah wilayah netral, di perbatasan antara Yehuda dan bagian utara, untuk ibu kota bangsanya yang kembali bersatu. Tetapi Penulis kitab Tawarikh tidak hanya mencatat kejayaan Daud tetapi juga menampilkan para pahlawan yang menyertai Daud. Penulis Tawarikh kemudian menyebutkan satu demi satu para pahlawan Daud, "Tiga Serangkai" (ay. 10-19), dua orang panglima (ay. 20-25), dan "kelompok 30" (26-47), yang dilanjutkan dengan sebuah gambaran tentang para komandan dan kesatuan-kesatuan yang telah setia kepadanya sepanjang masa pelariannya dan banyak berperan di dalam pengangkatannya sebagai raja. Daud tidak bisa meraih kemenangan dan kejayaan tanpa ada tim yaitu para pahlawan yang menolongnya. Daud berhasil membangun suatu superteam, dari para pecundang menjadi pahlawan bersama Daud. Tanpa kerjasama tim untuk meraih tujuan bersama maka Daud tidak dapat meraih kejayaan dan para pahlawan itu tetap menjadi pecundang. Kelak superman akan kalah dengan superteam.

Tanpa kerjasama tim maka tidak akan ada kemenangan dan kejayaan.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Tawarikh 11:10 "Inilah kepala-kepala para pahlawan yang mengiringi Daud, yang telah memberi dukungan yang kuat kepadanya, bersama-sama seluruh Israel, dalam mencapai kedudukan raja dan yang mengangkat dia sebagai raja, seperti yang difirmankan TUHAN mengenai Israel."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT