Devotion 703 : KEGAGALAN ADALAH KESEMPATAN

Devotion 703 - DR. Heintje Kobstan
KEGAGALAN ADALAH KESEMPATAN
Bacaan: 1 Tawarikh 10

Ketika Israel meminta seorang raja kepada Samuel, maka sejak itu terjadi peralihan kerajaan. Kerajaan Allah dimana Allah yang langsung memerintah Israel lewat Samuel, kepada kerajaan manusia, dimana Saul sebagai raja pertama dari keturunan suku Benyamin. Namun pemerintahan kerajaan Saul tidak sepenuhnya menaati kehendak Tuhan. Namun Saul mati dengan mengenaskan bersama ketiga anaknya karena perbuatannya yang tidak setia terhadap TUHAN, oleh karena ia tidak berpegang pada firman TUHAN, dan juga karena ia telah meminta petunjuk dari arwah.

Kerajaan Saul berpindah kepada Daud, anak mantunya yang sangat dibenci olehnya. Kisah hidup Saul yang tragis karena ketidaktaatannya pada kehendak Tuhan. Sedangkan Daud dipilih oleh Tuhan sebagai raja karena ia hidup taat dan bersandar pada Tuhan. Dalam konteks Israel pascapembuangan, tema "hukuman (retribusi) ilahi atas ketidaksetiaan umat" terlihat sangat jelas dalam kitab Tawarikh. Penulisan sejarah masa lalu Israel dalam konteks ini dimaksudkan sebagai peringatan agar sejarah yang pahit itu tidak terulang kembali. Kegagalan Saul bukan berarti rencana Tuhan atas umatNya gagal total. Tetapi kegagalan itu menjadi pembelajaran bagi kita agar tidak menuruti apa yang dilakukan oleh Saul beserta sebagian raja-raja Israel dan Yehuda. Mereka gagal menaati kehendak Tuhan dan mereka juga gagal dalam kesetiaan untuk beribadah hanya kepada Tuhan. Tetapi lewat kegagalan Saul, yang sedianya Tuhan akan mengokohkan takhta Saul untuk selamanya, maka muncullah Daud, seorang pribadi yang mencuri hati Tuhan sehingga Daud diangkat menjadi raja atas Israel. Jangan tinggal dalam kegagalan, tetapi jadikan kegagalan pembelajaran dan pijakan untuk bangkit kembali. Karena Tuhan tidak pernah merencanakan kegagalan tetapi kesempatan untuk bersamaNya menggenapi rencana yang telah ditetapkanNya.

Kegagalan bukan berarti keterpurukan tetapi menjadi kesempatan untuk pembelajaran dan pijakan untuk bangkit kembali.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Tawarikh 10:14 "dan tidak meminta petunjuk TUHAN. Sebab itu TUHAN membunuh dia dan menyerahkan jabatan raja itu kepada Daud bin Isai."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT