Devotion 720 : BUKAN SEKEDAR JABATAN

Devotion 720 - DR. Heintje Kobstan
BUKAN SEKEDAR JABATAN
Bacaan: 1 Tawarikh 27

Israel dalam kepemimpinan Daud telah sangat berkembang pesat. Karena perkembangan itu maka dibutuhkan pengaturan atau sistem ketatanegaraan yang baik. Daud bukan saja mengatur tugas dalam pelayanan di bait Allah tetapi juga dalam pengelolaan negara. Daud sadar tanpa sistem ketatanegaraan yang baik maka suatu negara akan kacau dan tidak akan menghasilkan kesejahteraan bahkan tidak akan disegani oleh bangsa-bangsa lain.

Ada 4 hal yang Daud lakukan untuk mengatur sistem ketatanegaraannya. Hal pertama adalah pembentukan sistem kemiliteran dengan membagi 12 pasukan keamanan. Setiap bulan ada 1 pasukan yang berjumlah 24.000 tentara yang dikepalai oleh 1 pemimpin. Yang kedua adalah pembagian kepala-kepala suku, ada 13 suku termasuk Lewi, kepala-kepala suku ini diangkat menjadi pejabat negara, sehingga bukan lagi sistem kesukuan yang ditonjolkan tetapi kesatuan yang diatur dalam sistem ketatanegaraan. Hal yang ketiga adalah, pengangkatan mereka yang bertugas untuk pengawasan berbagai bidang yang ada hubungannya dengan ekonomi dan pangan serta kepengurusan harta milik Daud. Dan yang keempat adalah, pengangkatan para penasehat dan ahli kitab yaitu orang yang memberikan masukan dan pertimbangan kepada raja di dalam mengambil keputusan. Tentunya mereka yang ditugaskan dalam posisi-posisi tersebut akan menjadi orang-orang yang terhormat. Daud tentunya mengharapkan mereka untuk dapat bekerja dengan penuh komitmen, loyal, berintegritas sehingga apa yang ia kehendaki bisa terlaksana dengan baik. Adalah suatu hal yang sia-sia jika kita dipercayakan suatu jabatan tertentu tetapi tidak dapat berfungsi dengan baik. Kepercayaan akan bertumbuh seiring dengan tugas yang dijalankan dengan baik dan orang yang dapat dipercaya akan mendapat banyak berkat. Jangan kejar jabatan jika kita belum siap untuk berkarya sesuai tuntutan jabatan tersebut.

Jabatan tidak akan membuat kita terhormat tanpa berfungsi dan menghasilkan karya seperti tuntutan jabatan tersebut.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Tawarikh 27:1 "Adapun orang Israel, inilah daftar para kepala puak, para panglima pasukan seribu dan pasukan seratus dan para pengatur yang melayani raja dalam segala hal mengenai rombongan orang-orang yang bertugas dan libur, bulan demi bulan, sepanjang tahun. Setiap rombongan berjumlah dua puluh empat ribu orang."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT