Devotion 705 : KEPEMIMPINAN YANG MEMPENGARUHI

Devotion 705 - DR. Heintje Kobstan
KEPEMIMPINAN YANG MEMPENGARUHI
Bacaan: 1 Tawarikh 12

Pasukan dan para pahlawan Daud ternyata tidak datang dan bergabung padanya pada waktu yang singkat. Tetapi sejak Daud menyingkir dari Saul yang berusaha membunuhnya maka mereka mulai bergabung dengan Daud. Daud tidak menawarkan kenyamanan atau kehidupan yang lebih baik dari Saul sehingga mereka mengikuti Daud. Karena dari cara hidup Daud yang berpindah-pindah karena menghindari kejaran Saul, jelas hidup mereka jauh dari kenyamanan, kekayaan atau kejayaan malah nyawa bisa jadi taruhannya. Hal apa yang membuat mereka tertarik bergabung dengan Daud?

Di Ziklag, orang-orang dari suku Benyamin, saudara sesuku Saul, yang sangat terlatih memilih untuk bergabung dengan Daud. Gad juga bergabung dengan Daud, mereka orang yang gagah perkasa dan terlatih dan tinggal diseberang Yordan. Manasye yang diam paling jauh di Utara juga mendukung Daud. Pasangan suku Efraim - Manasye di Utara sering dilihat sejajar dengan suku Yehuda - Benyamin di Selatan. Walaupun diawal suku Benyamin telah mendukung Daud, hal ini ditegaskan kembali dalam ayat selanjutnya, bersama suku Yehuda mereka mendukung Daud. Bahkan juga dicatat tentara-tentara dari semua suku yang datang kepada Daud di Hebron untuk menyerahkan jabatan raja dari Saul kepada Daud sesuai perintah Tuhan. Selain Tuhan yang menggerakan mereka untuk datang berhimpun kepada Daud dan menjadi suatu pasukan yang besar juga karena kehidupan Daud membawa pengaruh positif bagi mereka sejak dalam kepemimpinannya sebagai panglima perang mendampingi Saul bahkan setelah ia lari dari Saul. Pengaruh itulah yang membuat para pecundang menjadi orang-orang hebat. Kepemimpinan adalah berbicara tentang bagaimana mempengaruhi orang lain untuk bersama-sama mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan bersama. Dan tentu juga para pengikut Daud telah melihat dan mengalami cara hidup Daud yang berintegritas dan mempercayai Tuhan sepenuhnya. Hal ini juga yang telah menguatkan pengaruh itu sehingga para pengikutnya bersedia mempercayakan hidup mereka kepada Daud sepenuhnya. Daud telah menunjukkan karakteristik seorang pemimpin yang luar biasa, tetapi bagaimana dengan para pemimpin gereja masa kini?

Pemimpin yang memberikan pengaruh positif yang ditopang integritas dan hidup takut akan Tuhan akan membuat perubahan hidup bagi para pengikutnya.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Tawarikh 12:22 "Dari hari ke hari orang datang kepada Daud untuk membantu dia sehingga mereka menjadi tentara yang besar, seperti bala tentara Allah."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT